Sayonara IGTV, Instagram Makin Prioritaskan Fitur Reels
Ilustrasi foto: Lalo Hernandez (Unsplash)
Uzone.id - Di Instagram, yang bikin pengguna makin betah adalah adanya fitur mirip Tiktok yaitu ‘Reels’. Nah, setelah melihat kesuksesan fitur video pendek tersebut, Instagram memutuskan untuk ‘say goodbye’ ke aplikasi IGTV.
Pihak Instagram memutuskan untuk tak lagi mendukung aplikasi IGTV terpisah dan akan fokus untuk menyimpan semua fitur-fiturnya di aplikasi utama. Jadi, nantinya tak ada lagi aplikasi pecahan dari fitur Instagram.Aplikasi IGTV sendiri diluncurkan sebagai pesaing YouTube pada tahun 2018 lalu, namun aplikasi ini gagal untuk bersaing dan ‘tenggelam’ begitu saja. Lalu, 2 tahun kemudian, IGTV muncul di aplikasi utama Instagram sehingga aplikasi terpisah dari IGTV makin sepi pengunjung.
Akhir tahun lalu, Instagram mengumumkan bahwa IGTV berganti nama menjadi Instagram TV. Video-video di Instagram yang memiliki durasi lebih dari 15 menit akan dikategorikan ke fitur IGTV sedangkan video yang kurang dari 15 menit akan masuk ke Reels.
Baca juga: Instagram Uji Coba Gabungkan IGTV dan Video Feed Jadi Reels
Dalam postingannya, Instagram mengatakan bahwa penutupan aplikasi ini adalah bagian dari ‘upaya Instagram untuk membuat video sesederhana mungkin untuk ditemukan dan dibuat.’
Pihak mereka juga akan berencana untuk menguji pengalaman iklan baru yang memungkinkan para kreator untuk memperoleh pendapatan dari iklan yang ditampilkan di Reels.
Dalam pengumuman pensiunnya aplikasi IGTV, Instagram juga kembali menegaskan bahwa mereka terus berniat untuk fokus ke fitur video di dalam aplikasi utamanya.
Hal tersebut dipertegas dengan postingan blog pada Senin, (28/02/2022) yang berjudul “Continuing our video investment on Instagram” dan juga pernyataan Adam Mosseri yang mengatakan bahwa Instagram bukan lagi aplikasi berbagi foto tapi juga video.
Baca juga: WhatsApp, Instagram hingga TikTok, Mana yang Paling Menyita Waktu Netizen?
Instagram terus menghadirkan inovasi baru untuk mengejar ketertinggalan mereka dari aplikasi populer TikTok dan YouTube, hal ini dilakukan agar pengguna tetap betah dan tidak hijrah ke aplikasi saingan.
Salah satu upaya Instagram dan Meta adalah dengan menawarkan bonus hingga USD35 ribu untuk para content creator untuk memposting konten Reels serta menghadirkan fitur-fitur baru yang sebagian besar mirip sekali dengan fitur yang ada di TikTok.