icon-category Auto

Sebelum Mudik, Baiknya Pasang Dashcam di Mobil, Apa Fungsinya?

  • 03 Apr 2024 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Arus mudik lebaran 2024 dimulai hari ini, Rabu (5/4). Perjalanan jauh di tengah kepadatan lalu lintas, kebayang kan ruwetnya kayak gimana itu jalanan.

Dengan kondisi tersebut, risiko kecelakaan di jalan cukup besar, bahkan ketika kita bersikap hati-hati saat mengemudi mobil. Masalahnya, pihak yang salah menabrak mobil kalian malah minta ganti rugi. Bahkan modus kejahatan pura-pura tabrak lari dapat terjadi.

Agar hal ini bisa dicegah, salah satu caranya adalah dengan memasang dashboard camera (dashcam) atau kamera dasbor di mobil.

Selain itu, penggunaan dashcam juga dapat dijadikan bukti saat kalian terlibat kecelakaan di jalan. Termasuk sebagai bukti untuk keperluan klaim ke pihak asuransi mobil. 

alt-img

Cara kerja dashboard camera mirip dengan kamera pengawas atau closed circuit television (CCTV) yang didesain untuk merekam kondisi jalan selama mengemudi.

Biasanya proses perekaman diatur secara otomatis dan dimulai ketika mobil dinyalakan. Sehingga perjalanan kalian terasa lebih aman karena dipantau oleh kamera kompak ini.

Namun kemampuan dashcam tergantung pilihan kamera yang kalian beli, semakin mahal biasanya semakin lengkap fiturnya dan semakin mudah penggunaannya.

Dashcam biasanya dipasang di kaca depan atau pegangan spion tengah dan menghadap ke depan, atau diletakkan di atas dasbor.

Fungsi Dashboard Camera

1. Rekaman dari dashcam bisa jadi bukti untuk menentukan siapa yang benar dan salah atas sebuah insiden dan digunakan sebagai alat bukti di kepolisian.

2. Rekaman akan memudahkan pihak asuransi terkait klaim, apakah kalian berhak mendapat pertanggungan atas insiden yang terjadi.

3. Ada pula dashcam yang memiliki 2 kamera yang salah satunya bisa dihadapkan ke dalam mobil. Kamera jenis ini sangat bermanfaat untuk mobil rental atau taksi online guna memantau situasi di dalam mobil.

Termasuk untuk yang memiliki anak dan baru belajar mengemudi mobil di jalan. Pun mengawasi sopir pribadi yang sedang bertugas di jalan. Jika terjadi tindak kriminal di dalam mobil, rekaman dashcam bisa dijadikan sebagai alat bukti.

4. Dashcam juga bisa dipasang di belakang mobil. Saat mobil ditabrak dari belakang, dapat terlihat apakah penabrak sedang fokus menyetir atau terdistraksi seperti main ponsel.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini