home ×
Telco

Sebelum Tutup Tahun, Telkomsel Sudah Gelar Nyaris 15 Ribu BTS di Pelosok Indonesia

05 November 2019 By
Sebelum Tutup Tahun, Telkomsel Sudah Gelar Nyaris 15 Ribu BTS di Pelosok Indonesia
Share
Share
Share
Share

(dok. Telkomsel)

Uzone.id -- Perusahaan telekomunikasi Telkomsel mencatat kontribusinya dalam penyebaran akses jaringan seluler dan internet di wilayah remote Indonesia. 

Per kuartal 3 tahun 2019, tercatat ada sekitar 14.990 menara BTS yang sudah disebar oleh Telkomsel di wilayah 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal) di Tanah Air.

BTS tersebut terdiri dari BTS Reguler dan BTS Merah Putih, tak lupa BTS Universal Service Obligation (USO) dengan pemerintah melalui Badan Aksesibilitas Informasi (BAKTI) Kominfo di kawasan 3T tersebut, di mana 5.300 menara BTS terletak di wilayah perbatasan negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, Timor Leste, Vietnam, Australia, Filipina, dan Papua Nugini.

Baca juga: Telkomsel 'Sulap' Gorontalo Jadi Smart City

Selain itu, tercatat juga 7.800 unit dari BTS di kawasan 3T itu adalah BTS broadband yang dapat mengakomodasi kebutuhan masyarakat untuk berinternet ria dengan layanan data.

Dari pernyataan resmi yang diterima Uzone, Telkomsel bersama BAKTI juga telah membangun sekitar 892 BTS USO yang disebar di 841 desa yang tak punya layanan komunikasi, di mana 51 unitnya diimplementasikan dengan BTS 4G untuk mengakses internet.

Rencananya, hingga akhir 2019, Telkomsel dan BAKTI berencana akan mengoperasikan tambahan 502 unit BTS 2G dan 4G untuk 251 desa.

Baca juga: Tiap Bulan 140 Ribu Pelanggan Telkomsel Kunjungi Arab Saudi

Khusus untuk jaringan 4G, secara keseluruhan Telkomsel telah mengoperasikan lebih dari 77.501 BTS 4G dan masih akan terus menambah sekitar 22 ribu BTS baru sampai akhir tahun.

“Kami hadir dengan layanan dan infrastruktur jaringan berteknologi terdepan tak cuma untuk kota-kota besar dan berpusat di Pulau Jawa saja, tapi juga menjangkau pelosok dan wilayah perbatasan Indonesia,” ungkap Direktur Network Telkomsel, Iskriono Windiarjanto.

Ia melanjutkan, “sampai kuartal 3 tahun ini, kami telah menggelar infrastruktur jaringan lebih dari 209 ribu unit BTS di seluruh Indonesia, atau meningkat lebih dari 14,5 persen dibanding periode sama di tahun lalu. Coverage Telkomsel tercatat telah menjangkau lebih dari 97 persen wilayah Tanah Air.”

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article