home ×
Technology

Sebentar Lagi Bisa Foto-foto Pakai S Pen Samsung

06 February 2019 By
Sebentar Lagi Bisa Foto-foto Pakai S Pen Samsung
Share
Share
Share
Share

(Foto: Samsung)

Uzone.id -- Siapa yang masih ingat ketika mendiang Steve Jobs secara terang-terangan menganggap stylus adalah perangkat nggak berguna? Ternyata hari gini, stylus bisa jadi ‘pengganti’ kamera ponsel, gaes.

Stylus dari perangkat Samsung Galaxy Note, S Pen, akan semakin canggih dan punya pengaruh besar lebih dari sekadar pointer dan alat bantu produktivitas pengguna seperti corat-coret catatan dan menggambar macam-macam.

via GIPHY

Lembaga Paten dan Merk Dagang Amerika Serikat (US Patent and Trademark Office/USPTO) telah mengeluarkan paten kepada Samsung yang memungkinkan perusahaan menambah fungsi pada S Pen berupa kamera lengkap dengan sistem optical zoom.

Seperti dikutip dari The Indian Times, desain paten ini menunjukan bahwa Samsung dapat menambahkan lensa, sensor gambar di dalam S Pen, dan dapat dikendalikan secara nirkabel. Sementara, kemampuan optical zoom dapat dikendalikan dari perangkat elektronik eksternal.

(Samsung Galaxy Note 9 punya S Pen yang bisa digunakan sebagai camera shutter. Uzone.id/Trisno Heriyanto)

 

Ada spekulasi yang muncul bahwa Samsung bisa saja menambahkan lebih dari satu lensa pada perangkat S Pen, karena di dalam paten menyebut tentang lensa majemuk di dalam sistem.

Selain soal kamera dan optical zoom, paten itu juga menyebutkan komponen baterai yang akan disematkan di S Pen.

S Pen pada Galaxy Note 9 yang dirilis pada Agustus 2018 sudah memiliki kemampuan sebagai camera shutter untuk berfoto bersama teman-teman dan selfie hanya dengan mengklik tombol pada S Pen.

Baca juga: 5 Hal Keren dari S Pen Galaxy Note 9

Selain itu, S Pen juga bisa dipakai sebagai pemutar lagu hanya dengan dua kali klik agar bisa menyetel lagu berikutnya yang sedang dimainkan, serta satu klik untuk play/pause lagu.

Sayangnya belum ada konfirmasi dari Samsung mengenai kapan kira-kira akan merilis S Pen dengan teknologi mumpuni sesuai isi paten tersebut. Yang jelas, S Pen yang semakin canggih akan menjadi daya tarik tersendiri bagi lini Galaxy Note.

Dengan adanya paten ini, foto-foto pakai S Pen pun nggak lama lagi bisa menjadi kenyataan, gaes.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id