icon-category Auto

Seberapa Aman Toyota Haice yang Kecelakaan Melibatkan Pebulutangkis Nomor 1 Dunia?

  • 13 Jan 2020 WIB
  • Bagikan :

    Foto: Indianexpress

    Uzone.id - Kecelakaan maut terjadi di Kilometer 13,7 jalan tol Maju Expressway (MEX), Serdang, Selangor pada dini hari (13/1). Kecelakaan tersebut melibatkan Pebulutangkis peringkat pertama dunia (tunggal putra) Kento Momota.

    Meski dilaporkan ada korban jiwa, yakni pengemudi, namun Kento Momota berhasil selamat dari maut dalam sebuah kecelakaan fatal pagi hari tadi, seperti dilansir Metro.

    Momota menumpangi sebuah van, Toyota Hiace, yang menubruk bagian belakan truk, sehingga ringsek dan menewaskan pengemudinya karena terjepit kursi. Sementara Momota dan beberapa Pebulutangkis lain, dikabarkan cidera ringan.

    Tonton VIDEO Test Drive Kia Rio:

    Kecelakaan ini terjadi ketika mobil pembawa atlet bulu tangkis itu sedang menuju ke Bandar Udara Kuala Lumpur. Dalam foto kecelakaan Momota yang tersebar bagian depan mobil tersebut ringsek.

    Terus, sebenarnya seberapa aman sih Toyota Hiace?

    Fitur keselamatan Toyota Hiace menyediakan dua aribag untuk dua penumpang baris depan, kemudian airbag perlindungan dada dan kepala dari samping serta aribag untuk lutut.

    Selain itu ada juga Autonomous Emergency Braking (AEB) yang dapat menghindari tabrakan terhadap pejalan kaki disertai dengan Lane Keep Assist (LKA), Lane Departure Warning (LDW), Blind Spot Monitoring (BSW).

    Sebenernya lumayan, tapi namanya mobil dengan moncong depan pesek begitu, memang lebih rentan ketika terjadi tabrakan depan.

    Hasil pengujian sendiri, yang dilakukan Australasian New Car Assessment Program (ANCAP), Toyota Hiace ini mendapat penilaian 35,8 dari nilai maksimal 38 untuk perlindungan penumpang dewasa.

    Kemudian untuk perlindungan penumpang anak-anak mendapatkan nilai 43,3 dari maksimal 49 poin.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini