icon-category Auto

Seberapa Penting Mengontrol Emosi Saat Nyetir di Jalan Raya?

  • 14 Sep 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Kecelakaan di jalan raya dapat dipicu dari beberapa faktor, di antaranya dari manusia, kendaraan, dan lingkungan. Faktor manusia menjadi pengaruh paling besar ketika terjadi kecelakaan di lalu lintas.

Biasanya kecelakaan dari faktor manusia dapat dipicu dari kelalaian dalam menaati aturan lalu lintas, perawatan kendaraan yang kurang baik, etika yang kurang baik, serta emosi yang tidak dapat dikontrol.

Ludhy Kusuma selaku Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora (DAM) menyebutkan mengontrol emosi saat berkendara sangat penting. Hal ini berpengaruh pada keamanan dan kenyamanan bagi diri sendiri atau pengguna jalan lain.

"Mengontrol emosi saat berkendara adalah langkah penting untuk menciptakan lingkungan jalan yang lebih aman, nyaman, dan damai bagi semua pengguna jalan," ujar Ludhy dalam keterangan resminya.

alt-img

Banyak yang kurang memahami bahwa emosi dapat berpengaruh kepada perilaku berkendara. Bukan hanya emosi marah saja yang dapat berbahaya di jalan, lho.

Seperti ketika dalam kondisi sedih, hal ini dapat mengurangi konsentrasi dan mengakibatkan berkurangnya faktor keamanan.

Sementara emosi bahagia juga dapat berdampak, seperti perasaan euphoria yang besar dapat mengganggu kemampuan mengendalikan kendaraan. Saat merasa bahagia, ada kemungkinan kehilangan kendali kendaraan yang berpotensi kecelakaan.

Oleh karenanya sebelum memulai perjalanan, penting untuk mengenali keadaan emosi diri sendiri. Apabila merasakan berbagai emosi yang membuat konsentrasi di jalan menghilang, sebaiknya tenangkan diri terlebih dahulu.

Setelah tenang, pengendara bisa memulai perjalanan atau kembali melanjutkan perjalanan.

Emosi juga dapat berubah saat dalam perjalanan, keadaan di jalan raya dapat memancing emosi pengendara. Oleh karenanya pengendara harus sebisa mungkin menjaga emosi agar tetap aman dalam berkendara, baik menggunakan sepeda motor ataupun mobil.

Selain dapat mengendalikan emosi, tentunya berkendara motor jangan lupa menggunakan perangkat keselamatan seperti helm, jaket, sarung tangan, sepatu, dan celana panjang. Ikuti juga setiap aturan di jalan raya dan rambu lalu lintas agar tetap aman.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini