home ×
Gadget

Seberapa Penting RAM Buat Smartphone Kalian?

18 March 2020 By
Seberapa Penting RAM Buat Smartphone Kalian?
Uzone

Uzone.id - Random-access memory atau RAM, adalah salah satu komponen paling penting di semua perangkat, dari PC, ke ponsel cerdas, hingga konsol game. Tanpa RAM, melakukan apa saja pada sistem apa pun akan jauh lebih lambat.

Tapi apa sebenarnya RAM? Singkatnya, ini adalah komponen yang sangat cepat yang menyimpan sementara semua informasi yang dibutuhkan gadget kalian, sekarang dan dalam waktu dekat.

Kerjanya mirip dengan Hard Drive, namun tidak seperti hard drive yang (biasanya) lebih lambat dan menyediakan penyimpanan jangka panjang.

Boleh dibilang, RAM pada dasarnya adalah memori jangka pendek yang dibenamkan di peranti kalian. Tak hanya memori jangka pendek, RAM juga menyimpan atau mengingat segala sesuatu yang berjalan di PC, seperti layanan WIndows, browser atau alat pengeditan gambar, game sementara.

Baca juga: Tips Pakai Foto Smartphone Ala Darwis Triadi

Sebab, data yang berada di memori jangka pendek, atau RAM, dapat dibaca dari mana saja dengan kecepatan yang hampir sama. Karena memiliki koneksi kabel ke sistem, tidak ada latensi nyata dalam pemasangan kabel atau koneksi.

Seperti halnya memori jangka pendek, RAM tidak akan mengingat semuanya selamanya. Ini adalah teknologi "volatile", yang berarti bahwa begitu kehilangan kekuatan, ia melupakan segalanya.



Dengan cara kerja seperti Itu membuatnya sempurna untuk menangani banyak tugas berkecepatan tinggi yang dilemparkan oleh sistem perangkat kalian setiap hari.

Tetapi itu juga mengapa kita membutuhkan sistem penyimpanan seperti hard drive dan SSD, sebab perangkat kalian perlu menyimpan informasi kita ketika mematikannya.

Ukuran Bukan Segalanya

Pertimbangan terbesar saat membeli RAM adalah berapa banyak yang dibutuhkan?

Jumlah minimum diperlukan untuk menjalankan sistem operasi sementara banyak permainan dan aplikasi memiliki persyaratan minimum juga. Persyaratan tersebut tercantum dalam gigabytes, atau GB, dan seringkali antara 1GB dan 8GB, tergantung pada permintaan aplikasi pada perangkat keras.

Baca juga: Memperbaiki Dark Mode yang Tidak Muncul

Memiliki lebih dari minimum adalah penting, karena perangkat tidak hanya menjalankan aplikasi saat ini, tetapi layanan dan tugas lain di latar belakang. Tentu saja, memiliki memori sistem dalam jumlah besar tidak selalu membuat perangkat jadi lebih cepat.

Jumlahnya bukan satu-satunya aspek RAM yang penting. Sementara lebih banyak gigabyte dapat membantu dengan multitasking,dapat melihat peningkatan yang lebih baik dalam kecepatan perangkat, untuk kebutuhan game tertentu, dan dalam aplikasi melalui memori yang lebih cepat.

Intinya, RAM yang besar akan dibutuhkan bagi kalian yang biasa menggunakan aplikasi dengan kebutuhan memori yang besar dan terkadang bersamaan?


Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Miskin aman 24 March 2020 | 21:42:11

kalau untuk bermain game pastinya sangat penting

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article