icon-category Gadget

Secanggih Apa Teknologi Vision Booster dan APSR di Layar Galaxy S22 Series?

  • 15 Mar 2022 WIB
  • Bagikan :
    Samsung Galaxy S22 Ultra 5G (Foto: Tyo/Uzone.id)

    Uzone.id - Kalau membahas soal display smartphone, Samsung jadi perusahaan yang diklaim paling maju dalam hal ini saat ini, mulai dari teknologi Infinity Display, Foldable Display dan lainnya, belum lagi inovasi dalam fitur-fiturnya.

    Bicara soal inovasi, Samsung sudah menghadirkan beberapa teknologi mutakhir dalam smartphone S series, sebut saja AI Intelligent Display yang sudah ada semenjak S21 meluncur. 

    Kali ini, Galaxy S22 series yang baru meluncur beberapa waktu lalu hadir dengan 2 inovasi terbaru Samsung, yaitu Vision Booster dan APSR (Advance Panel Self Refresh).

    Teknologi Vision Booster

    Pernahkah kalian kesulitan ketika melihat layar smartphone di luar ruangan? Kita mungkin harus mengatur dulu ke brightness tertinggi, baru deh bisa melihat secara jelas layar di bawah sinar matahati. Tapi, resikonya, baterai jadi gampang habis.

    Tentunya, kita ingin layar yang jelas, cerah dan terang di luar ruangan tanpa harus menguras masa baterai smartphone kita.

    Nah, Samsung hadir dengan inovasi terbaru mereka bernama Vision Booster sebagai solusi dari masalah ini. Teknologi Vision Booster disematkan Samsung pada seluruh varian Galaxy S22 Series yang baru-baru ini dirilis.

    Kepada Uzone.id, Dr. Byung Duk Yang, Vice President and Head of Display R&D Group MX Business Samsung Electronics, mengatakan bahwa teknologi Vision Booster menggunakan algoritma baru yang meningkatkan penglihatan layar di ruangan terbuka (outdoor).

    “Algoritma terbaru dari Vision Booster ini menyesuaikan tingkat brightness dan memetakan ulang (remapping) tone dari gambar serta memaksimalkan kontras warna di layar,” jelasnya pada 10 Maret 2022 lalu.

    Vision Booster ini akan bekerja secara otomatis ketika pengguna menggunakan Galaxy S22 series dalam keadaan terang di bawah sinar matahari.

    Baca juga: 3 Alasan Kalian Perlu Upgrade ke Samsung Galaxy S22 Ultra 5G

    Teknologi Vision Booster hanya akan bekerja dalam gambar atau video yang memiliki warna dan brightness yang gelap. Oleh karena itu, teknologi ini mungkin takkan bekerja dalam gambar dan video yang memiliki warna dan cahaya cerah karena sudah memiliki kecerahan yang cukup.

    Teknologi APSR (Advanced Panel Self Refresh)

    Samsung Galaxy S22 Series dibekali juga dengan layar yang memiliki refresh rate hingga 120Hz. Nah, untuk kecepatan rate layar varian Galaxy S22 Ultra bisa menyesuaikan dari 1Hz hingga 120Hz sesuai dengan aktivitas pengguna.

    Penyesuaian refresh rate dari 1Hz hingga 120Hz ini hadir berkat teknologi APSR atau Advanced Panel Self Refresh. Dengan teknologi ini, pengguna bisa mendapat pengalaman menggulir layar yang smooth dan seamless tanpa flickering namun dengan daya baterai yang lebih hemat.

    Byung Duk mengungkapkan, untuk mengurangi refresh rate dan menghemat daya, kami mengurangi frekuensi sinyal yang ditransmisikan antara panel display dan display IC di Galaxy S22,

    “Di Galaxy S22 series, kami bisa mengurangi frekuensi sinyal antara AP Chip dan Display IC menggunakan APSR sehingga bisa meningkatkan power saving sekaligus meningkatkan performa smartphone secara keseluruhan,” tambah Byung Duk.

    Teknologi APSR bekerja secara dinamis dan menyesuaikan pada kegiatan pengguna saat memainkan smartphone termasuk ketika bermain game yang membutuhkan refresh rate yang tinggi.

    Baca juga: Snapdragon 8 Gen 1, ‘Otak’ Tercepat di Samsung Galaxy S22 Series 5G

    Mengenai kinerja APSR saat bermain game dan aktivitas lainnya, Byung Duk mengatakan hal ini bergantung pada aktivitas game dari penggunanya, yang mana teknologi hadir secara dinamis.

    Contohnya, ketika bermain game, apabila ada short burst static moment, APSR akan menurunkan frame rate dan refresh rate akan kembali meningkat ketika aktivitas game melibatkan heavy motion dan animasi yang cukup banyak.

    Contoh aktivitas lainnya adalah ketika browsing dan scrolling di internet, teknologi APSR akan menurunkan frame rate untuk menyesuaikan aktivitas layarnya sekaligus menghemat daya baterai.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini