icon-category Auto

Segini Konsumsi BBM dan Biaya Servis Honda Civic Hatchback  

  • 11 Feb 2020 WIB
  • Bagikan :

     

    Honda Civic Hatchback RS (Foto: Tomi Tresnady/Uzone.id)

    Uzone.id - Meskipun pasar mobil di Indonesia mengalami penurunan sekitar 16 persen pada 2019, termasuk juga menyeret pasar hatchback, PT Honda Prospect Motor (HPM) tetap percaya diri mengeluarkan produk terbaru Civic Hatchback RS - satu-satunya tipe untuk Civic Hatchback penjualan 2020 - melalui seremoni peluncuran di Kota Kasablanka, Jakarta, pada Kamis (6/2/2020).

    Wajar jika HPM masih menaruh harapan kepada model Hatchback mediumnya karena Civic Hatchback yang bermesin turbo ini seperti tak ada lawannya di tahun 2019. Gaikindo mencatat penjualan wholesales Civic Hatchback tipe E CVT digabungkan dengan tipe S CVT sebesar 1260 unit. Sedangkan rivalnya, Mazda3 terjual 417 unit, kemudian VW Golf tak menjual satu pun di tahun lalu.

    Baca juga: Intip Fitur Canggih Honda Civic Hatchback RS, Harga Nyaris Setengah Miliar

    Foto: Tomi Tresnady/Uzone.id

     

    Kira-kira, apa yang membuat Civic Hatchback lebih diminati oleh konsumen?

    Uzone.id meminta komentar kepada salah satu pengguna Civic Hatchback dan juga anggota Klub Honda Civic Turbo, Muhammad Ricky Fajar, mengenai konsumsi BBM dan biaya perawatan mobil tersebut.

    Menurutnya, mobil hatchback yang menggendong mesin 1.5L VTEC Turbo dengan Earth Dreams Technology, yang bisa menghasilkan tenaga maskimal 173 PS pada 5.500 rpm dan torsi maksimal 22.4 kg m pada 5 500 rpm, ini cukup bandel dan perawatannya pun mudah. Apalagi untuk dipakai harian, konsumsi bahan bakarnya terbilang irit.

    “Bensin juga irit, kalau jalanan kosong, jalan tol bolak-balik aja sih 20-22 km/liter, dengan asumsi pakai Pertamax Turbo. Itu dipakainya harian. Kalau jalanan macet ini (Civic Hatchback) 14 km/liter,” tutur Ricky saat berbincang dengan Uzone.id di acara peluncuran Honda Civic Hatchback RS.

    Kemudian, untuk biaya servis, imbuh Ricky, Civic Hatchback tergolong hemat. “Tapi kalau saya beli paket (servis), Rp4 juta untuk 4 tahun. Ya, setahunnya sejuta lah, sudah berikut oli juga, semuanya lah, lumayan hemat.”

    Honda Civic Hatchback RS dipasarkan Rp499 juta (on the road) untuk wilayah Jakarta. Untuk di luar Jakarta, harganya bisa tembus setengah miliar.

    VIDEO 5 Pertimbangan Sebelum Kebut Honda Civic Hatchback RS

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini