home ×
Talks

Sejak Pandemi, Sedekah Online Jadi Pilihan Generasi Milenial

30 April 2021 By
Sejak Pandemi, Sedekah Online Jadi Pilihan Generasi Milenial
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi foto: NordWood Themes/Unsplash  

Uzone.id -- Semakin majunya teknologi digital dan keterbatasan ruang gerak pada masa pandemi mendorong masyarakat untuk melakukan berbagai kegiatan dari dalam rumah, termasuk dalam menjalankan ibadah. Di tengah banyaknya platform ibadah digital yang muncul, salah satu yang tak ketinggalan adalah layanan bersedekah secara online.

Ibadah sedekah menjadi salah satu yang terus berkembang di dunia digital, kemudahan dalam menyalurkan dana untuk membantu pihak-pihak yang membutuhkan lewat sebuah layanan menjadi keunggulan tersendiri saat ini terlebih bagi para generasi milenial.

Ustadz H. Ahmad Fauzi Qosim, selaku Biro Kepatuhan Syariah, Sekretaris DPS, Dompet Dhuafa mengungkapkan fakta menarik bahwa pendapatan zakat, infaq, sedekah dan wakaf dari gerakan milenial di Dompet Dhuafa mengalami pertumbuhan.

Pertumbuhan dari sisi generasi muda ini merupakan hal yang positif dan menunjukkan jika pemuda sudah mulai memiliki kepedulian untuk berbagi dengan sesama. Dalam Islam sendiri, berbagi merupakan suatu hal yang sangat dianjurkan karena dalam harta seseorang, ada hak orang-orang yang membutuhkan.

“Setahun belakangan sebenarnya mengalami penurunan jumlah donatur karena kondisi pandemi namun untuk donasinya justru mengalami peningkatan. Naiknya donasi ini berasal dari donatur-donatur muda yaitu generasi milenial yang nilainya tak banyak tapi jumlahnya masif,” ungkap Ahmad dalam acara Uzone Talks yang diselanggarakan Uzone.id pada Kamis (29/4).

Ia melanjutkan, “Alhamdulillah, titipan ke pihak kami tidak berkurang dan justru bertambah walau kenaikannya tidak mencapai 10 persen. Ini memberikan data real bahwa dalam kondisi apapun orang-orang masih melakukan sedekah.”

Selain sedekah, kurban lewat layanan digital juga mengalami peningkatan yang didominasi oleh anak-anak milenial. Ini didorong oleh keinginan anak muda yang ingin berkurban dengan biaya terjangkau dan tepat sasaran.

Kemudahan dalam melakukan sedekah secara digital memang memberikan keuntungan tersendiri bagi masyarakat khususnya generasi milenial yang tak pernah lepas dari dunia gadget.

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article