home ×
Auto

Sejarah 14 Tahun Toyota Yaris di Indonesia, Musuh Bebuyutan Honda Jazz

09 September 2020 By
Sejarah 14 Tahun Toyota Yaris di Indonesia, Musuh Bebuyutan Honda Jazz
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - Toyota baru saja meluncurkan generasi terbaru dari Yaris. Kemunculannya menandai belasan tahun kiprah Yaris di Tanah Air.

Sudah lebih dari 14 tahun lamanya Toyota Yaris eksis di Indonesia. Dalam kurun waktu itu, sudah ada 2 generasi.

Seperti apa kiprahnya di Tanah Air? Berikut milestonenya:

Generasi Pertama

Kedatangan Yaris generasi pertama berasal dari Thailand pada tahun 2006 menjadi obat kerinduan bagi pelanggan setelah sekian lama ditinggalkan oleh Starlet tahun 1999.

Ketika itu, tema “All about Fun” diusung untuk menegaskan bahwa konsep Yaris sesuai untuk anak muda atau mereka yang berjiwa muda.

Bermodalkan postur tubuh kompak sebuah city car yang sporty, Yaris berhasil meraih sambutan hangat dari pelanggan.

Desain eksteriornya memikat disertai dominasi bentuk membulat yang dinamis. Masuk ke dalam kabin, posisi panel instrumen terlihat unik lantaran berada di tengah dashboard sehingga menjadi pusat perhatian.

Yaris generasi pertama ini juga dikenal memiliki ruang penyimpanan berlimpah, mulai dari kedua sisi dashboard, panel pintu, hingga rongga di sisi konsol tengah.

Sebagai kendaraan yang memikat untuk dipacu, fitur keamanan Yaris termasuk lengkap dimana airbags dan teknologi pengereman Anti-lock Braking System (ABS) + Electronic Brake Distribution (EBD) sudah ada di tipe E manual dan otomatis.

Sementara pada tipe S dan S Limited sebagai tipe tertinggi, telah memiliki Dual SRS Airbags dan rem cakram pada roda belakang.

Lebih lanjut, dapur pacu Yaris menggunakan mesin 1NZ-FE 1.500 cc berteknologi VVT-i bertenaga 109 PS dan torsi 141 Nm, lengkap dengan pilihan transmisi 5-speed manual dan 4-speed otomatis.

Menariknya, Yaris tipe S Limited merupakan pelopor penggunaan fitur Smart Key yang dipadukan dengan tombol Smart Engine Start/Stop Button.

Keunikan lainnya yang meningkatkan kepraktisan Yaris adalah bangku belakang yang dapat dilipat rata dengan cara yang sangat mudah.

Bulan Maret 2009, Yaris hadir dengan sentuhan pada kisi grille bermotif sarang lebah serta bilah krom cantik menemani logo Toyota di atasnya.

Sebagai pemanis, setiap sudut bumper depan-belakang dan samping mobil pun diimbuhi lip spoiler tipis.

Pada sisi interior, aksen bernuansa krom tampak pada kisi AC sehingga menguatkan kesan mewah yang secara apik menemani nuansa sporty yang ditawarkan.

Selanjutnya masuk bulan Mei 2010, diperkenalkan tipe TRD Sportivo versi 2 pada Toyota Yaris sebagai flagship.

Yaris TRD Sportivo versi 2 memiliki tampilan atraktif berkat sporty aero kit di sekujur tubuh. Sistem suspensi pun mendapat sentuhan meningkatkan handling tanpa harus mengorbankan kenyamanan.

Lalu pada tahun 2011, terdapat penambahan fitur back sonar. Sejak itu, nomenklatur TRD Sportivo menjadi tipe flagship Yaris yang turut diaplikasikan kepada beberap produk Toyota lainnya di Tanah Air.


Yaris Generasi Kedua

Pada bulan Maret 2014, PT Toyota-Astra Motor meluncurkan Yaris generasi kedua dengan desain yang sama sekali baru yang mengedepankan tema “Advanced Fascinating True Hatchback”.

All New Yaris mengalami penambahan panjang 315 mm dan lebar 5 mm, namun tingginya lebih rendah 45 mm untuk mendapatkan karakter lebih aerodinamis.

Yang menarik dari tampilan All New Yaris adalah trapezoidal grille yang tidak hanya menghadirkan kesan stylish namun memiliki unsur fungsional lebih dinamis untuk membelah angin.

Lebih lanjut, All New Yaris hadir dengan fitur keselamatan seperti rem ABS, Electronic Brake Distribution (EBD), dan Brake Assist (BA), Dual SRS Airbags.

Generasi terbaru Yaris ini tidak lagi didatangkan dari Thailand, melainkan sudah menjadi produk dalam negeri.

Facelift Yaris Generasi Kedua

Dua tahun setelahnya, Toyota menghadirkan penyegaran pada Yaris generasi kedua dengan tampilan stylish & fun yang bermodalkan front bumper spoiler, roof spoiler, side stripe serta alloy wheel berdesain anyar.

Yang menarik, Yaris tahun 2016 ini dibekali oleh mesin baru berkode 2NR-FE yang bertenaga. Lebih lanjut, roof spoiler pada Yaris TRD
Sportivo ini juga disematkan aksen warna merah untuk menambah kesan sporty dan menjadi ciri khas yang dikenali.

Improvement Yaris Generasi Kedua

Berlanjut hingga awal 2018, PT Toyota-Astra Motor kembali memberikan sentuhan pada Yaris untuk memperkuat pesonanya.

Kali ini, Toyota menghadirkan Yaris dengan tampilan yang kian modern. Hal ini bisa dilihat dari konsep yang mengusung tema Sporty and Aggressive Design.

Pengembangan utama Yaris terbaru ini adalah tampilan yang berkarakter serta dapat merepresentasi nilai-nilai kebutuhan konsumen terhadap sebuah medium hatchback sebagai teman beraktivitas bagi yang berjiwa muda.

Desain Yaris pun mengalami perubahan dinamis yang dapat terlihat dari mengalirnya garis bodi dari depan hingga samping dan belakang.

Desain lampu utama yang tajam menyatu secara apik dengan desain grille yang baru.

Headlamp Yaris dengan tipe TRD Sportivo pun dilengkapi dengan fitur Follow Me Home yang berguna saat malam hari saat berjalan
menjauh setelah keluar dari mobil.

Lebih lanjut, sisi samping Yaris tipe TRD Sportivo tersedia Rear Roof Spoiler yang serasi dengan postur yang kian dinamis.

Sementara pada bagian belakang, Yaris juga mendapatkan sentuhan anyar yang membuat postur Yaris terkesan sporty, mulai dari kaca belakang yang landai hingga Rear LED Combination Lamp yang menyatu dan harmonis.

Di dalam kabin, ubahan signifikan terlihat pada bagian depan yang terasa lebih modern dengan desain dashboard bagaikan ombak surfing dan penggunaan ornamen silver.

Lebih lanjut, tombol pengatur AC pun diperbaharui sehingga lebih mudah pengoperasiannya.

Untuk memberikan pengalaman berkendara yang berbeda, lingkar kemudi Yaris juga memiliki desain yang baru dan khusus untuk tipe TRD Sportivo, telah dilengkapi dengan pengatur audio pada kedua sisi setir.

Untuk urusan dapur pacu, Yaris masih mengandalkan mesin dengan 2NR-FE berkapasitas 1.496 cc yang didukung teknologi Dual VVT-i.

Menariknya, terdapat pembaruan berupa Convenient Paddle Shift di balik kemudi guna memberikan sentuhan fun to drive dan
excitement.

Bahkan, disematkan juga mode berkendara Sport/Eco Mode Switch untuk memberikan nilai tambah berupa pilihan sensasi berkendara yang berbeda.

Sementara dalam hal keselamatan pelanggan, Yaris hadir dengan safety seperti 7 SRS Airbags pada sisi pengemudi, lutut pengemudi, penumpang, sisi kiri dan kanan mobil, kaca kiri dan kanan mobil.

Lalu fitur Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill-Start Assist (HSA) yang melengkapi rem ABS, EBD dan BA


New Yaris 2020

Mengusung tagline baru yaitu Start Your New Excitement, New Yaris hadir tidak hanyauntuk generasi muda, namun juga menawarkan sensasi berkendara yang menyenangkan dengan berbagai pengembangan.

Radius putar pada New Yaris berkurang dari 5,7 meter menjadi hanya 5,1 meter yang lincah saat bermanuver di area terbatas seperti parkiran gedung atau ketika berbalik arah di jalan dengan hambatan ruang gerak yang sulit diprediksi.

Selanjutnya, sentuhan penyegaran juga diberikan pada eksterior New Yaris, khususnya pada bagian depan seperti New Electrifying Front Looks pada tipe G.

Sementara untuk tipe TRD Sportivo, New Yaris telah dilengkapi dengan New Striking LED Headlamp Design, New LED Fog Lamp Design, dan Attractive New Front Grille and Bumper.

Selain itu, New Yaris TRD Sportivo juga dilengkapi dengan New Rear Parking Camera yang bersinergi dengan radius putar lebih pendek untuk memudahkan pelanggan saat parkir.

Sedangkan pada sisi interior, konektivitas merupakan kunci penyegaran pada New Yaris dengan fitur New Advance Infotainment System with Smartphone Connection diaplikasikan pada seluruh tipe.

New Yaris yang mampu menghubungkan ponsel dengan head unit mengandalkan teknologi Miracast dan Bluetooth.

Selain itu, Yaris yang dikenal memiliki fitur safety yang lengkap di kelasnya kini menawarkan pilihan tambahan yaitu 3 SRS Airbags untuk semua tipe yang melengkapi tipe 7 SRS Aribags saat ini.

VIDEO Toyota Corolla Cross Review, Mobil yang Punya Bloatware NFC

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article