Digilife

Sejarah Hari Belanja Online 11.11, Bermula dari Hari Jomblo di China

  • 11 November 2019
  • Bagikan :

    Uzone.id - Siapa yang tak kenal hari belanja online 11.11? Benar sekali, 11.11 adalah festival diskon terbesar satu hari yang diadakan beberapa e-commerce, seperti Lazada dan Blibli, setiap tanggal 11 November. Namun, apakah kamu tahu sejarah di balik festival belanja ini?

    Mengutip Forbes, dikenal sebagai Singles’ Day atau Anti-Valentine’s Day, Alibaba dan pendirinya, Jack Ma, mengubah hari perayaan bagi jomblo di China itu menjadi festival belanja global pada 2009. Dari situ, Alibaba sukses mengeruk keuntungan miliaran dolar.

    Tanggal 11.11 sendiri juga dipilih sebagai Singles' Day bukan tanpa alasan. Singles' Day dimulai pada 1993 di Nanjing University, Jiangsu, China.

    Baca juga: Bikin Game, Lazada Ngajak Belanja Atau Main Game Sih?

    Singles' Day dibentuk sebagai hari untuk para pelajar merayakan kejombloan mereka. Angka pada pada tanggal tersebut pun merepresentasikan empat lajang. Perayaan Singles' Day dimaksud untuk melawan stigma negatif terkait lajang.

    Festival belanja 11.11 yang berlangsung setiap tahun dimulai pada 11 November tengah malam dan berlangsung selama 24 jam di Tmall, e-commerce milik Alibaba.

    Pada dasarnya, 11.11 mirip dengan Black Friday dari Amerika Serikat dan Cyber Monday. Namun mengutip Forbes, festival belanja 11.11 lebih besar dari kombinasi kedua itu.

    Baca juga: Aplikasi YouTube Music Dirilis di Indonesia

    Sementara itu, mengutip Cnet, dengan hampir $ 31 miliar transaksi pada 2018, festival belanja 11.11 lebih besar dari Thanksgiving, Black Friday dan Cyber Monday—dan kombinasi keduanya.

    Hari ini, beberapa e-commerce di Indonesia, seperti Lazada dan Blibli menggelar 11.11. Lazada pertama kali membawa konsep festival belanja pada 2012 dimulai dengan festival belanja 12.12 di Indonesia.

    VIDEO Nyobain Skuter GrabWheels eScooter