home ×
Auto

Sejarah RS di Mobil Honda untuk Indonesia, Dimulai dari Honda Jazz

20 February 2020 By
Sejarah RS di Mobil Honda untuk Indonesia, Dimulai dari Honda Jazz
Share
Share
Share
Share

Foto: Honda Jazz RS - Bagja

Uzone.id - Nama RS alias Road Sailing, merupakan lini atau tipe tersendiri yang sudah identik dengan merek Honda. Biasanya, kebanyakan mobil-mobil Honda yang ditempeli emblem RS selalu berkesan sporty. Istilahnya, inilah mobil racing harian ala Honda.

Di Indonesia, Honda menempelkan emblem RS pada banyak jenis mobil, mulai dari hacthback, citycar, sampai MPV, yang terdiri dari setidaknya 4 mobil; Honda Jazz, Honda Brio, Honda Mobilio dan Honda Civic.

Secara global, Honda pertama kali menyuguhkan versi RS pada mobilnya untuk Honda Civic di tahun 1975. Kemudian, baru muncul lagi untuk Honda Jazz pada tahun 2007 dan seterusnya sampai sekarang.

Baca juga: Merek Mobil Terlaris Awal Tahun 2020

Di Indonesia, tipe RS pertama kali muncul pada Honda Jazz RS tahun 2008. Kala itu, Honda Jazz ini hadir sebagai tipe tertinggi dan punya tampilan yang jauh lebih sporty dari tipe-tipe lainnya.

Kemudian, tahun 2014 Honda membuat gebrakan dengan menyuguhkan versi RS pada mobil keluarga kelas bawah, Mobilio RS. Meskipun berlabel mobil keluarga, karena ada emblem RS maka tampilan Mobilio RS jauh lebih sporty.

Selanjutnya, giliran segmen citycar mendapat tipe RS yang diwakili oleh Honda Brio pada tahun 2016. Sama dengan semua tipe RS di mobil lainnya, Honda Brio RS juga jadi tipe tertinggi dan tampilannya lebih sporty.

Sebelumnya, Honda menawarkan Brio Sport bermesin 1.300cc yang diimpor dari Thailand. Namun, dengan munculnya tipe RS, maka Brio Sport distop penjualannya dan Honda hanya membedakan Brio menjadi tipe Satya (LCGC) dan RS (non LCGC).

Dan membuka tahun 2020 ini, Honda kembali menghadirkan versi RS untuk jajaran mobilnya. Kali ini yang kedapatan adalah Honda Civic hatchback RS.

Munculnya tipe RS pada Civic hatchback, sekaligus menghapus dua tipe sebelumnya, yakni S dan E, sehingga kini Civic hatchback hanya punya satu tipe, yakni RS.

VIDEO Review Suzuki XL7, Ertiga Versi Crossover:

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id