home ×
News

Sejarah Singkat Rumah Dinas Gubernur DKI yang Akan Ditempati Anies

16 October 2017 By
Sejarah Singkat Rumah Dinas Gubernur DKI yang Akan Ditempati Anies
Share
Share
Share
Share

"Saya akan menempati rumah dinas," kata Anies Baswedan, gubernur terpilih DKI Jakarta yang sebentar lagi akan dilantik. Anies menyampaikan itu dalam perbincangan dengan kumparan (kumparan.com), pekan lalu.

Berbicara soal pelantikan gubernur baru DKI, selain urusan pelantikan, serah terima jabatan, sampai pesta rakyat, jangan lupakan juga soal rumah dinas. Rumah ini yang akan menjadi tempat gubernur dan keluarganya tinggal selama menjabat.

DKI Jakarta, rumah dinas gubernur terletak di kawasan Taman Suropati di daerah Menteng, Jakarta Pusat. Dari berbagai sumber, sejarahnya rumah dinas ini memang ditempat para penguasa Batavia sejak tahun 1916. Sejak tahun 1949, rumah itu menjadi rumah dinas Gubernur DKI. 

Dari data yang tercantum di Pemprov DKI, bangunan bergaya art deco seluas 1.100 meter persegi itu dibangun Ir Kubath. Yang menempati pertama rumah itu, GJ Bisschop, seorang Burgermeester (wali kota) pertama dari Gemeenteraad Batavia yang memerintah Batavia sejak 1916 sampai 29 Juni 1920.

Rumah dinas itu terdiri atas satu bangunan rumah utama yang terdiri dari dua lantai dengan ruangan tambahan (pavilliun), yang berada di sebelah timur bangunan utama, dan gudang yang berada di sebelah barat. Rumah dinas itu termasuk dalam cagar budaya, sehingga ketika renovasi dilakukan, hanya perbaikan saja.

Seiring waktu, rumah dinas itu penuh cerita. Mulai dari hal mistis sampai urusan penyadapan.

Di era Jokowi, di depan rumah dinas ini, yakni Taman Suropati menjadi salah satu tempat nongkrong wartawan di akhir pekan. Suasana rumah dinas juga selalu ramai, karena saat itu ketika Jokowi blusukan, wartawan langsung bergerak mengikuti rombongan.  

Dan mungkin saat Anies menjabat, dia juga akan rajin menyambangi warga. Tradisi 'ngepos' bagi wartawan di rumah dinas Taman Suropati juga akan berlanjut.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id