Sport

Sejumlah Pebalap F1 Terpaksa Naik Motor ke Sirkuit Paul Ricard karena Macet Parah

  • 23 June 2018
  • Bagikan :

    Jakarta bukan satu-satunya kota yang dilanda kemacetan. Di sekitar Sirkuit Paul Ricard, Le Castellet, Prancis, yang merupakan tempat diselenggarakannya seri kedelapan Formula 1 (F1) 2018 juga terjadi persoalan serupa.

    Kembali diselenggarakannya balapan F1 GP Prancis di Sirkuit Paul Ricard menimbulkan antusiasme luar biasa dari sebagian besar masyarakat di sana.

    Baca juga: 7 Seri Berlalu, Valentino Rossi dan Maverick Vinales Ternyata Miliki Catatan Negatif

    Sontak, hal itu mengakibatkan kemacetan yang terjadi di sekitar sirkuit. Menurut informasi dari situs F1i.com, ribuan orang terjebak di dalam mobil mereka selama berjam-berjam karena antrean panjang menuju sirkuit.

    Dari arah mana pun, jalur menuju Le Castellet memang dinilai tidak cocok untuk menampung arus lalu lintas besar-besaran.

    Menariknya, kemacetan ini juga tak hanya dialami oleh para penggemar, tetapi juga pebalap dan anggota tim balap F1 yang berpartisipasi.

    Sebastian Vettel (pebalap Scuderia Ferrari), Lewis Hamilton (Mercedes), serta Romain Grosjean (Haas) diketahui terpaksa mengendarai motor agar tiba di sirkuit tepat waktu.

    Namun, persoalan tak selesai begitu saja. Para pebalap yang menaiki motor rupanya sempat diberhentikan oleh petugas polisi setempat.

    "Saya sedang mengendarai motor, bersama Vettel, kemudian kami diberhentikan oleh polisi. Kami ingin pergi, tetapi polisi tak mengizikan kami pergi. Padahal saya punya SIM, saya punya t-shirt (tim balap), saya punya segalanya," kata Grosjean.

     

    Antrean panjang kendaraan menuju Sirkuit Paul Ricard, Prancis.
    Antrean panjang kendaraan menuju Sirkuit Paul Ricard, Prancis. (F1i.com)

    Keluhan juga disampaikan oleh COO tim Force India, Otmar Szafnauer, yang harus menghabiskan banyak waktu di jalan karena padatnya lalu lintas.

    "Kami memakan waktu dua jam untuk menempuh jarak 10 mil. Ini sungguh menggelikan," kata COO Force India, Otmar Szafnauer, yang merasa frustrasi dengan kemacetan di sana.

    "Saya juga kedatangan tamu yang datang ke sini untuk mengadakan pertemuan dengan saya. Namun, pertemuan itu tak terjadi (karena macet). Dia harus segera kembali ke bandara. Penerbangan dia jam 5 sore," tutur dia.

    Sementara itu, tanggapan berbeda dilontarkan bos F1, Chase Carey. Ia menilai bahwa membludaknya arus lalu lintas membuktikan antusiasme tinggi terhadap balapan GP Prancis.

    "Tentu ini sangat bagus untuk menjadi populer. Kami memiliki banyak penonton pada hari Jumat, dan akan bertambah besar saat akhir pekan. Mereka semua akan bersenang-senang," kata Carey.

    Pada hari ini, Sabtu (23/6/2018), seri GP Prancis akan menggelar sesi latihan ketiga (FP3) dan kualifikasi.

    Sesi FP3 akan digelar pada pukul 18.00 WIB. Adapun sesi kualifikasi bakal berlangsung pukul 21.00 WIB.