icon-category Startup

Sekian Lama 'Ngumpet', Apa Kabar Jack Ma?

  • 10 Jan 2023 WIB
Bagikan :
Sumber foto: Jack Ma/Financial Times

Uzone.id - Bos teknologi asal China Jack Ma punya hobi suka menghilang dari pandangan publik. Apalagi setelah mengkritik pemerintah China tahun 2020 silam, kehadirannya jarang terdeteksi oleh media.

Hingga akhirnya, di awal tahun 2023 ini Jack Ma muncul kembali dengan kabar yang cukup bikin kaget. 

Dikutip dari BBC, Selasa, (10/02), Jack Ma akan menyerahkan kendali Ant Group yang merupakan raksasa fintech asal China.

Setelah pengunduran dirinya sebagai pengendali utama, nantinya takkan ada yang memiliki kendali menyeluruh di Ant Group.

Baca juga: Sudah 2023, TikTok dkk Masih Kena Gugat Gegara Tuduhan Rusak Mental

Jack Ma sebelumnya mengendalikan lebih dari 50 persen Ant Group, dan setelah adanya perubahan struktur, ia hanya akan memiliki kendali hanya sekitar 6 persen terhadap perusahaan teknologi tersebut.

Startup raksasa Ant Group sebelumnya memiliki rencana untuk IPO, tapi sayangnya dihentikan pada November 2020 lalu. Padahal, jika IPO ini dilakukan, IPO Ant Group ini bakal menjadi yang terbesar di dunia dengan nilai USD37 miliar.

FYI, Ant Group memiliki sistem pembayaran online AliPay yang memiliki kendali besar di China, mengalahkan cash, cek dan juga kartu kredit.

Baca juga: Periskop 2023: Tren Teknologi yang Bakal Ramai di Tahun ‘Kelinci Air’

AliPay dibuat khusus untuk masyarakat China menggunakan kartu penduduk dan bank China, platform pembayaran ini digunakan hampir seluruh transaksi. Mulai dari online payment dan pembayaran di toko atau pusat perbelanjaan. 

Tetapi, AliPay mulai melonggarkan peraturannya dan memberikan penggunaan sementara di AliPay bagi turis yang berkunjung ke China.

 

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini