icon-category Health

Selain Mecin, Ini 4 Hal yang Bisa Bikin Kamu Sakit Kepala

  • 25 Apr 2018 WIB
Bagikan :

Uzone.id-Kamu suka tiba-tiba sakit kepala tanpa alasan yang jelas? Kondisi ini mungkin saja terjadi, gaes. Secara tidak sadar, ada beberapa kebiasaan atau hal di sekitar kamu yang memang bisa memicu sakit kepala. Lihat daftar di bawah ini, supaya kamu tahu penyebabnya lebih detail.

Mengikat rambut terlalu kencang

Beauty is pain. Demikian kata banyak orang. Kamu mungkin ingin tampil cantik dengan gaya rambut ponytails alias kuncir kuda. Sayangnya, menurut Nesochi Okeke-Igbokwe, MD, physician and health and wellness expert melalui Reader’s Digest, mengikat rambut terlalu kencang menimbulkan ketegangan pada kulit kepala kamu.

Pada akhirnya, hal ini berpotensi mengganggu saraf tertentu di kulit kepala. Jadi, kamu lebih baik membiarkan rambut tergerai untuk menghindari sakit kepala.

Bau menyengat

Banyak orang mengalami sakit kepala karena mencium bau menyengat. "Sakit kepala ini sering dipicu oleh parfum, asap rokok, dan bahkan bensin," kata Caleb Backe, health and wellness expert melalui Reader’s Digest.

Dehidrasi

Masih dari sumber yang sama, Clint Steele, DC, holistic health expert dari Portland, Maine, mengatakan bahwa dehidrasi dapat menyebabkan sakit kepala. Karena itu, jangan lupa minum air putih setidaknya dua liter setiap hari, gaes. Jangan sampai gara-gara sibuk kerja, kamu malah mengabaikan kesehatan.

Penguat rasa alias mecin

Penguat rasa yang mengandung asam glutamat berkaitan dengan keluhan sakit kepala. Pada kenyataannya, penguat rasa tersembunyi di dalam banyak makanan yang dikemas dan diproses, seperti keripik kentang dan saus.

Ketika kamu makan makanan yang mengandung penguat rasa, pembuluh darah akan melebar dan memengaruhi saraf di otak. Jika kamu cukup sensitif, konsumsi makanan ini dapat menyebabkan sakit kepala dan memicu migrain. Efeknya akan muncul dalam 20-25 menit setelah mengonsumsinya.

Kafein

Meski kabar ini mengecewakan kamu sebagai pencinta kopi, kamu tetap perlu tahu bahwa kafein di dalam kopi dapat memicu sakit kepala. Namun bagaimana kopi dapat memicu sakit kepala merupakan persoalan rumit.

Sebab, mengonsumsi terlalu banyak kopi dapat meningkatkan risiko sakit kepala. Tapi, mengurangi konsumsi kopi juga dapat meningkatkan kemungkinan sakit kepala. Demikian kata Tania Elliot, MD, allergist and internist di New York.

“Jika kamu memiliki rutinitas mengonsumsi kopi atau teh, pilihan terbaik adalah tetap mengonsumsi dengan kadar yang rendah hingga sedang untuk menghindari sakit kepala,” kata Tania.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Tags : mecin sakit kepala 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini