icon-category Telco

Selain Telkom, Smartfren Juga Sudah Pakai Satelit Starlink

  • 11 Sep 2023 WIB
Bagikan :
Selain Telkom, Smartfren Juga Sudah Pakai Satelit Starlink

Uzone.id – Smartfren menjadi perusahaan telekomunikasi selanjutnya yang menyatakan telah bekerja sama dengan satelit Starlink milik Elon Musk.

Kerja sama ini disebut telah terjalin semenjak awal tahun 2023 melalui divisi enterprise untuk memberikan solusi bagi perusahaan-perusahaan (B2B) di Indonesia.

“Kami sudah bekerja sama semenjak awal tahun ini dengan pihak Starlink melalui divisi enterprise kami untuk memberikan solusi untuk perusahaan di Indonesia,” ujar Andrijanto Muljono, Chief Executive Officer Smartfren, Jumat lalu dalam peluncurkan Kartu Perdana Smarfren Golf, (08/09).

Kerja sama dengan Starlink bertujuan untuk memberikan solusi kepada segmen perusahaan, bukan untuk melayani pengguna atau C2C (Consumer to Consumer).

Sehingga kerja sama dengan Starlink ini tidak ada pengaruh untuk persaingan harga internet di Indonesia, apalagi saat ini harga internet Starlink lebih mahal.

Andrijanto pun menegaskan kalau kehadiran Starlink di Indonesia bukan untuk masyarakat karena tentunya hal ini akan dilarang oleh pemerintah Indonesia.

“Kami sudah bekerja sama dengan Starlink tapi bukan sebagai sarana komunikasi antara masyarakat C2C, saya rasa hal ini tidak akan disetujui oleh pemerintah,” ujarnya.

Pasalnya, jika Starlink hendak hadir sebagai sarana komunikasi untuk masyarakat, maka mereka harus mendapatkan izin telekomunikasi yang saat ini hanya dimiliki oleh operator seluler di Indonesia, termasuk Smartfren.

Sejauh ini PT Telkom Satelit Indonesia (Telkomsat) juga sudah resmi mendapatkan hak labuh satelit Starlink dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pada 2022.

Telkomsat menjadi pengguna korporat backhaul dalam penyelenggaraan jaringan tetap tertutup, bukan untuk layanan retail pelanggan akses internet secara langsung, alias B2B.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini