icon-category Gadget

Selama 2021, Penjualan Ponsel Lipat Samsung Melonjak 4 Kali Lipat

  • 01 Jan 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi foto: Samsung Galaxy Z Flip (Daniel Romero/Unsplash)

    Uzone.id - Semenjak perilisan, ponsel lipat Samsung Galaxy Z Fold3 dan Flip3 menjadi perhatian masyarakat secara global, bahkan disebut-sebut sebagai salah satu inovasi terbaik oleh majalah dunia, Time.

    Menjelang akhir tahun 2021, Samsung mengungkapkan bahwa ponsel lipat mereka laris manis diborong konsumennya dengan peningkatan pengiriman mencapai empat kali lipat lebih banyak dari tahun 2020.

    Tentunya hal ini tak lepas dari pengaruh Samsung Galaxy Z Fold3 dan Samsung Galaxy Z Flip3 yang diluncurkan bulan Agustus lalu.

    Baca juga: Bos Samsung Bocorkan 3 Hal yang Akan Dipamerkan di CES 2022

    Jika digabungkan, penjualan kedua perangkat ini setelah debut melampaui penjualan perangkat lipat Samsung sepanjang 2020, dikutip dari Cnet.com, Jumat (31/12/2021).

    Keduanya merupakan versi ‘sempurna’ dari pendahulunya masing-masing, begitupun harganya yang juga lebih murah.

    Perusahaan juga melaporkan bahwa konsumen yang sebelumnya memiliki ponsel non-Samsung lebih banyak beralih ke Galaxy Z Flip3 dibandingkan Samsung Galaxy S21 yang secara harga lebih terjangkau.

    Meski tidak merinci secara blak-blakan mengenai angka penjualannya, pertumbuhan ini sesuai dengan prediksi Counterpoint Research pada Agustus lalu yang menyatakan bahwa di 2021 penjualan ponsel lipat akan mencapai 9 juta unit, 3x lipat dibanding 2020.

    Baca juga: Kaleidoskop 2021: LG Pamit Hingga Kembalinya Era Ponsel Lipat

    Samsung sendiri menyumbang sekitar 88 persen dari pasar ponsel lipat tahun lalu, namun tahun ini angka tersebut diprediksi akan menurun karena banyaknya perangkat lipat baru, contohnya OPPO Find N.

    Namun, perusahaan asal Korea Selatan tersebut diprediksi akan menjual tiga perempat smartphone lipat dunia hingga 2023.

    Di tahun 2023, Apple diperkirakan akan merilis ponsel lipat iPhone Flip yang mana akan menjadi pesaing utama Samsung.

    Melihat akan lebih banyak lagi perangkat seluler lipat yang terjual, Counterpoint memproyeksikan pengiriman ponsel lipat naik menjadi tiga kali lipat dari saat ini.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini