icon-category Digilife

Selamat Hari Raya Idulfitri Menggema di Jagad Maya

  • 22 Apr 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Selamat Idulfitri menggema di jagad maya begitu adzan magrib terakhir di bulan Ramadan, yang menandakan waktu telah memasuki 1 Syawal 1444 Hijriah. 

Topik "Selamat Hari Raya Idul Fitri" menjadi salah satu yang ramai dibahas oleh netizen hingga merangsek jadi trending topic di Twitter.

Namun, meski penentuan Idulfitri 2023 kali ini mengalami perbedaan antara Muhamadiyah dan versi pemerintah dan Nahdlatul Ulama (NU), lini masa saat ini tidak mempersoalkan perbedaan tersebut dan justru masyarakat mengedepankan toleransi dan mengucapkan mohon maaf lahir batin.

Sebelumnya, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Quomas mengumumkan hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah jatuh pada Sabtu, 22 April 2023.

Bersamaan dengan pengumuman ini, Yaqut mengatakan ada perbedaan dalam penetapan Idul Fitri, tapi dia tak ingin perbedaan itu dipermasalahkan.

"Saudara-saudara sekalian, ini tadi laporan sidang isbat yang baru dilaksanakan, dan untuk diketahui oleh seluruh lapisan masyarakat. Jika pada hari ini atau mungkin di hari-hari besok ada perbedaan dalam pelaksanaan Idul Fitri, kami berharap bahwa kita tidak menonjolkan perbedaan," kata Yaqut di Auditorium HM Rasjidi Kementerian Agama (Kemenag) dikutip Uzone.id

Yaqut mengimbau masyarakat mencari persamaan dan memiliki sikap saling menghargai. "Kita harus saling menghargai dan saling bertoleransi satu dengan yang lain," pungkas dia.

 

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini