home ×
Digilife

Selamat Tinggal, Farmville!

29 September 2020 By
Selamat Tinggal, Farmville!
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Setelah 11 tahun nangkring di Facebook, pengembang game Zynga memutuskan untuk menghapus Farmville. Game social media yang sempat naik daun ini akan dihapus mulai akhir tahun ini.

Dilansir melalui Techspot, Selasa, 29 September 2020, Zynga akan menghentikan pengembangan Farmville terhitung mulai 31 Desember 2020. Hal ini, kabarnya, gara-gara Adobe yang memutuskan untuk tidak lagi mendukung platform software multimedia Flash.

Jika balik ke beberapa tahun lalu, Adobe memang memutuskan untuk tidak lagi mendukung Flash di akhir 2020 untuk lebih memperluas dukungan pada standard terbuka seperti HTML5. Keputusan ini berimbas pada Facebook yang akhirnya terpaksa menyetop dukungan terhadap game-game yang berbasis Flash.

Baca juga: Melongok Fitur Canggih Aplikasi Logee Trans Truck Marketplace

Farmville sendiri telah berada di Facebook sejak 2009 dan dengan cepat menjadi game terbesar di platform tersebut. Pada Maret 2010, Farmville telah memiliki lebih dari 84 juta pengguna aktif bulanan.

Namun sayang, kemampuannya untuk menjadi besar hanya berlangsung dua tahun. Pada 2011, posisi Farmville turun drastis sebagai game paling banyak dimainkan. Posisinya jatuh ke nomor tujuh, dua tahun setelah kemunculannya. Bahkan pada 2016, ketendang dari posisi 100 besar.

Penutupan Farmville akan dilakukan secara bertahap. Zynga akan tetap membuka sistem pembelian dalam aplikasi, namun hanya sampai 17 November. Setelah itu, sistem pembayaran akan dihentikan.

Permainan bercocok tanam itu akan masih bisa dimainkan sampai akhirnya tutup permanen pada 31 Desember 2020. Segala macam kredit pembelian atau transaksi yang ada di dalam akun pengguna harus di redeem sebelum tanggal tersebut.

Zynga mengaku akan membuat game yang serupa mirip Farmville, namun dalam versi yang lebih nyaman dan tak menggunakan Flash. Malah bisa jadi Farmville akan dibuat sedemikian rupa, sebagai versi yang baru, yang dijanjikan akan meluncur usai tahun baru 2021.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
muhammad firdaus 01 October 2020 | 06:09:27

haha saya gak tau game framville ini gak pernah main soalnya

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article