home ×
Auto

Selamat Tinggal Honda Jazz, Resmi Stop Produksi!

03 March 2021 By
Selamat Tinggal Honda Jazz, Resmi Stop Produksi!
Share
Share
Share
Share

Foto: Uzone.id - Honda

Uzone.id - Honda Indonesia melakukan keputusan yang lumayan radikal di awal tahun 2021 ini, ketika nama besar Honda Jazz akhirnya dipensiunkan.

Pasca kemunculan Honda City Hatchback RS, resmi sudah kalau Honda Prospect Motor akhirnya menghentikan produksi Honda Jazz setelah selama ini punya citra yang sangat kuat di Tanah Air.

"Kita sudah gak produksi lagi Jazz ya. Bulan lalu terakhir, sekarang paling stok tinggal 300an, jadi kalau mau beli untuk koleksi, silakan," ujar Yusak Billy sebagai Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor.

BACA JUGA: Mandalika Racing Tim Kenalkan Batik di Bodi Motor Balap

Tercatat, Honda Jazz sudah berkiprah selama hampir 2 dekade, sejak pertama kali hadir tahun 2003 lalu di Indonesia.

Generasi pertama Honda Jazz diawali pada 2003, memiliki kode bodi GD3. Modelnya kala itu masih serba membulat dan punya karakter yang sederhana tapi sporty.

Honda Jazz untuk pasar Indonesia menggunakan mesin 4 silinder SOHC berkapasitas 1.500 cc, pada awal kemunculannya menggendong teknologi i-DSI (Intelligent Dual & Sequential Ignition) lalu i-VTEC (Variable Valve Timing & Lift Electronic Control).

Masing-masing memiliki tenaga 87 hp pada 5.500 rpm dengan torsi maksimal 128 Nm pada 2700 rpm, sementara i-VTEC bertenaga 110 hp pada putaran mesin 5800 rpm dengan torsi maksimum 143 Nm pada 4800 rpm.

Kemudian generasi kedua mulai muncul tahun 2008. Generasi kedua ini boleh dibilang sebagai generasi emas dari Honda Jazz karena desainnya yang cakep dan gampang di modifikasi.

Mesin 4 silinder SOHC berkapasitas 1.500 cc dengan teknologi i-VTEC. Mesin ini sanggup memuntahkan tenaga puncak mencapai 120 Hp pada 6600 rpm, torsi 145 Nm pada 4800 rpm.

Terakhir muncul generasi berkode GK5 yang secara tampilan juga jauh lebih radikal dan meninggalkan identitas awal Honda Jazz. Mesinnya masih sama, 1.500cc, tapi generasi ini mulai menerapkan transmisi CVT.

Dan tahun 2021 ini, Honda resmi menggantikan Honda Jazz dengan City Hathback RS.

"Kita sudah studi panjang sekali untuk memutuskan hal ini. Kita terus liat kebutuhan pasar, gak menutup kemungkinan kita bisa memasarkan kembali Honda Jazz kedepannya," tutup Yusak.

VIDEO Ngitung Pajak Mobil Baru Nol Persen, Beneran Turun Harga?

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article