Home
/
Lifestyle

Selasa Jadi Hari Bekerja Paling Produktif untuk Karyawan

Selasa Jadi Hari Bekerja Paling Produktif untuk Karyawan

Andari Novianti20 September 2017
Bagikan :

Di Indonesia, rata-rata orang bekerja selama lima hari dalam seminggu, mulai dari Senin hingga Jumat. Meski masih ada orang yang bekerja pada akhir pekan (Sabtu dan Minggu), namun jumlahnya jauh lebih sedikit. Biasanya, 'golongan minoritas' ini didominasi oleh golongan pekerja yang berasal dari industri kreatif. 

Apakah kamu merupakan salah satu karyawan kantoran yang bekerja dengan jadwal standar? Jika ya, ini artinya kamu wajib untuk mengetahui hasil penelitian yang satu ini.

Sebuah studi yang dilakukan oleh HSS Hire menemukan fakta bahwa, hampir setiap orang hanya mampu bekerja produktif selama tiga hari dalam seminggu. Dan tingkat produktifitas ini akan menurun jadi dua setengah hari jika cuaca sedang panas.

Hal ini dipicu oleh banyak faktor. Salah satunya adalah buruknya kualitas tidur yang dimiliki pada malam hari. Kamu akan merasa kurang segar dan mengantuk selama jam kerja. Selain itu, suhu ruangan kantor yang panas dan gangguan yang berasal dari rekan kerja juga jadi penyebab yang paling jamak ditemui. 

Berkurangnya produktivitas ini biasanya akan berdampak langsung pada kecepatan kamu menyelesaikan pekerjaan. Kamu juga cenderung cepat merasa lapar dan ingin ngemil dalam jam kerja.

Preview

Pada hari kerja, biasanya rata-rata orang akan menghabiskan waktu sekurang-kurangnya 15 menit untuk bergosip dan bercengkerama bersama sesama rekan kerja. 14 menit akan dihabiskan untuk membuka situs yang tak berkaitan dengan pekerjaan, dan delapan menit untuk membuat secangkir kopi atau teh.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap 155 ribu orang pekerja tersebut, Selasa jadi hari yang paling produktif diantara lainnya. Dan seperti yang sudah kamu ketahui, Jumat jadi hari yang paling tidak produktif.

Jika ingin bicara lebih spesifik, pukul 10.23 siang merupakan waktu dengan tingkat produktivitas tertinggi sepanjang minggu. 

Dilansir oleh Metro, ini dia 10 faktor yang jadi penyebab berkurangnya produktivitas kamu saat berada di kantor:

1. Buruknya kualitas tidur

2. Suhu kantor yang terlalu panas atau gerah

3. Terlalu banyak mengobrol dengan rekan kerja lainnya

4. Masalah atau gangguan pada komputer

5. Suasana kantor yang berisik

6. Rasa bosan terhadap pekerjaan

7. Pikiran terganggu akibat masalah pribadi

8. Merasa sangat lapar

9. Merasa kedinginan di kantor

10. Minum terlalu banyak pada malam sebelumnya.

Setelah mengetahui sejumlah fakta di atas, mungkin kamu bisa coba untuk mengatasi berbagai gangguan yang berasal dari luar agar produktivitas dan kinerja yang lebih maksimal. 

kumparan saat ini membuka 1.001 lowongan. Tunggu apa lagi, langsung kirim CV ke [email protected] atau langsung apply di join.kumparan.com. Ini adalah peluangmu untuk berkolaborasi bersama kumparan. Yuk rasakan sensasi bekerja di kumparan!

populerRelated Article