home ×
Digilife

Selebgram "Sultan" Nigeria Ini Bantu Hacker Korut Curi Uang Rp18 Triliun

21 February 2021 By
Selebgram
Share
Share
Share
Share

 Abbas Lolowunwa Abbas (Foto: Instagram @hushpuppi)

Uzone.id - Ramon Lolowunwa Abbas, selebgram asal Nigeria, dilaporkan telah membantu peretas (hacker) untuk mencuri uang di bank Malta.

Abbas membantu tiga peretas asal Korea Utara yang dituduh memeras lebih dari USD1,3 miliar atau sekitar Rp18,28 triliun (kurs Rp14.067 per USD1) uang tunai dan uang kripto, kata Departemen Kehakiman AS pada 17 Februari.

Abbas, yang dikenal sebagai "Hushpuppi", saat ini berada dalam tahanan AS sambil menunggu persidangan.

Pemilik 2,5 juta follower itu kerap memposting dirinya bersama mobil mewah atau naik jet pribadi.

John Demers, kepala Divisi Keamanan Nasional Departemen Kehakiman, mengatakan bahwa operator negara Korut sebagai "perampok bank terkemuka di dunia", usai membuka segel dakwaan tehadap Jon Chang Hyok, Kim Il dan Park Jin Hyok.

BACA JUGA: Google Pecat Kepala Ahli Etika AI

Tiga orang itu dan warga Korut lainnya terlibat dalam peretasan Sony Pictures Entertainment pada tahun 2014 dan percobaan pencurian hampir USD1 miliar atau sekitar Rp14 triliun dari bank sentral Bangladesh pada tahun 2016, menurut pemerintah AS.

Baru-bau ini, grup tersebut fokus pada pencurian uang kripto, kata jaksa.

Abbas bekerja dengan Ghaleb Alaumary asal Kanada, yang menurut pejabat AS mereka telah mengatur tim untuk mencuci uang senilai jutaan dolar hasil mencuri melalui peretasan mesin ATM, termasuk dari BankIslami di Pakistan dan bank di India, menurut Departemen Kehakiman.

Abbas diekstradisi pada Juli dari Dubai ke AS setelah dituduh melakukan persekongkolan untuk mencuci ratusan juta dolar dari hasil penipuan.

Gal Pissetzky, mantan pengacara Abbas, mengatakan kepada majalah Forbes pada Juli 2020 bahwa Abbas "sama sekali tidak bersalah" atas tuduhan itu dan tidak ikut serta dalam peniupan apa pun.

Nigeria merupakan bagian dari kelompok yang diduga menipu paralegal di sebuah firma hukum AS agar mengirim mereka hampir USD923.000 atau sekitar Rp12,98 miliar pada Oktober 2019, menurut otoritas AS.

Abbas dan rekannya juga dituduh merencanakan pencurian USD165 juta atau sekitar Rp2,32 triliun dari klub sepak bola di Liga Utama Inggris. (Straits Times)

VIDEO Test Kemampuan GoPro Hero 9 Black, Paket Komplit Kameramen!

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article