home ×
Digilife

Selesai Salat Idul Fitri di Rumah Aja, Langsung Silaturahmi Virtual via Video Call!

24 May 2020 By
Selesai Salat Idul Fitri di Rumah Aja, Langsung Silaturahmi Virtual via Video Call!
Share
Share
Share
Share

(Ilustrasi foto: Chris Montgomery / Unsplash)

Uzone.id -- Idul Fitri kali ini tampaknya lebih banyak menggunakan layanan data ketimbang bensin kendaraan karena adanya larangan mudik, aturan PSBB, serta penerapan swakarantina yang masih berjalan. Kalau sudah begini, sudah pasti teknologi menjadi jalan keluar.

Banyak keluarga yang merayakan Lebaran tetap ramai dan seru dengan kehadiran video call yang langsung diakses ketika usai salat Idul Fitri. Sambil menyantap hidangan ketupat, rendang atau opor ayam (biasanya ini pilihan sulit, tapi makan dua-duanya juga gak apa-apa), dan minum yang segar, tradisi Lebaran kali ini ada yang berbeda.

“Iya, tadi selesai salat [Idul Fitri] aku dan keluarga yang lain video conference sama keluarga di Kudus. Sedih banget gak bisa mudik, tapi ya udah gak apa-apa, yang penting semuanya sehat,” tutur seorang teman bernama Fitria, melalui sambungan chat kepada Uzone.id, Minggu (24/5).

Baca juga: Lebaran Virtual, Netizen Gaungkan Tagar #IdulFitri di Twitter

Ada juga pengalaman unik lainnya yang dialami oleh Fathul, mahasiswa yang berdomisili di Tebet, Jakarta Selatan. Dia mengaku kesepian harus merayakan Lebaran di rumah hanya bersama kedua orang tuanya.

“Biasanya ada kakak, tapi dia masih di Amsterdam, belum bisa pulang. Jadinya video call aja ini sambil makan ketupat, dan di sana belum Lebaran, jadi duluan kita,” ungkap Fathul.

Tidak ada yang tahu apakah ‘tradisi’ silaturahmi virtual via video call seperti ini akan berlanjut berapa lama, namun selama cara ini menjadi yang terbaik untuk dilakukan, pastinya kegiatan menyambung silaturahmi secara online akan menjadi bagian dari keseharian selama pandemi melanda.

Ada pula beberapa aplikasi video call yang layak dipertimbangkan untuk digunakan. Berikut daftarnya.

1. Google Meet
Video call bikinan Google ini merupakan versi baru dari Hangouts. Cara penggunaannya pun mudah, yang penting pengguna memiliki akun Gmail.

Jika sudah masuk ke situs Google Meet, pengguna bisa langsung membuat Room dan mengundang orang lain dengan memberikan code untuk masuk. Selama koneksi internet memadai, Google Meet akan memberikan kualitas gambar yang bagus dan jelas.

2. UMeetMe
Platform buatan lokal ini juga dapat diakses dengan mudah melalui situs resminya di sini.

Pengguna tinggal masukkan nama Room yang ingin digunakan dan harus menggunakan huruf dan angka tanpa spasi. Tinggal klik Create, langsung jadi. Jangan lupa bagikan tautan Room ke keluarga yang akan diundang.

Baca juga: 5 Aplikasi dan Situs untuk Bikin Ucapan Lebaran 2020

3. Skype
Sejak dulu aplikasi ini sudah populer dan menjadi favorit orang-orang yang menjalani hubungan jarak jauh alias LDR.

Di zaman swakarantina seperti sekarang, Skype masih digunakan oleh orang-orang yang sudah terbiasa dengan tampilan antarmukanya. Pengguna tinggal membuat akun, masuk, dan add akun yang lain menggunakan username agar dapat melakukan konferensi video.

4. Zoom
Terlepas isu keamanan, Zoom mudah digunakan dan tampilan antarmuka yang juga sederhana kebetulan kalian menjadi host, selalu ingat untuk menjaga keamanan dengan mengaktifkan waiting room dan membatasi screen sharing.

Untuk dapat bergabung di konferensi video Zoom, pengguna tinggal klik link yang diberikan oleh si host. Jika ada password, lebih baik agar lebih aman.

5. WhatsApp
Aplikasi pesan instan ‘sejuta umat’ ini sudah menjadi cara paling praktis untuk orang-orang yang ingin bertatap muka agar silaturahmi virtual tetap terjaga.

Sekarang WhatsApp sudah bisa menampung 8 orang sekali konferensi video. Jika sedang malas mengakses layanan lain, video call via WhatsApp sudah menjadi jalan pintas termudah.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id