icon-category Digilife

Selfie Pegang KTP Hindari Pakai Baju Warna Kuning, Biru dan Putih

  • 11 Jul 2021 WIB
  • Bagikan :

    Ilustrasi (Foto: Unsplash / Antoine Beauvillai)

    Uzone.id - Belum lama ini ramai diberitakan dugaan data pribadi warga Indonesia bocor berasal dari perusahaan pinjaman online (pinjol).

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Juru Bicara Dedy Permadi mengatakan kepada media bahwa investigasi masih dilakukan. Kemudian dia meminta media agar "bersabar" karena "investigasi itu butuh waktu."

    Pakar Cyber Security Vaksincom, Alfons Tanujaya, juga belum bisa mengatakan siapa pihak yang membocorkan data pribadi itu.

    Menurutnya, meskipun ada kecurigaan bahwa pihak yang menyalahgunakan data pribadi itu berasal dari pinjol, dia menyerahkan kepada pihak berwajib untuk menangani kasus ini. 

    Foto: Tangkapan layar Facebook

     

    BACA JUGA: Kartu SIM dengan Data Pribadi Bangun Single Identity Number

    Di sisi lain, Alfons juga memberikan tips kepada kamu agar bisa mengidentifikasi sumber kebocoran data kita sendiri. 

    Pasalnya, kalau kita meminjam dana segar ke perusahaan pinjol, perusahaan itu akan meminta foto selfie sambil memegang KTP.

    Dia menyarankan agar kita menghindari pakai baju warna hijau, biru dan putih. Menurutnya, tiga warna baju itu akan mudah dipalsukan atau direkayana menggunakan Photoshop.

    "Karena gampang dipalsuin, kamu kalau pernah lihat Ratu Elizabeth pernah pakai baju hijau kan, langsung dikerjain, itu kayak green screen tuh bajunya, langsung dia (Ratu Elizabeth) baju Batman tuh," kata Alfons saat berbicara di program Uzone Talks bertajuk "Disuruh Selfie Pakai KTP, Kudu Piye?" pada Kamis (8/7/2021).

    Kemudian, Alfons menyarankan agar kita memakai baju dengan warna berbeda-beda di setiap layanan yang berbeda.

    "Oh, yang bocor ini, 'aku selfie ini pakai baju batik kuning'. Nah, kita langsung tahu 'oh datanya bocornya dari sini'," kata dia.

     

     

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini