icon-category Auto

Semahal Apa Biaya Perawatan Wuling Almaz?

  • 21 Aug 2021 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id - Salah satu hal penting yang harus dipertimbangkan sebelum membeli sebuah mobil gak cuma soal berapa harganya. Tapi juga, pertimbangan mengenai berapa biaya yang harus dikeluarkan nanti untuk perawatannya.

    Nah, Wuling, yang jagoan SUV-nya Almaz, punya daya tawar menarik karena menawarkan biaya perawatan yang murah untuk sebuah SUV.

    Kami pun coba mencari tau, berapa total biaya perawatan Wuling Almaz, mulai dari nol kilometer sampai 100 ribu kilometer, jarak tempuh atau masa pakai standar mobil-mobil pada umumnya yang masih tercover garansi.

    Baca juga: Nyobain Beli Online Motor Listrik Lokal, United T1800

    Pada 1.000 km pertama, tidak ada sama sekali biaya yang dikeluarkan. Pemilik mobil hanya memeriksakan komponen-komponen penting dan kondisi mobil pada umumnya.

    Kemudian pada 5.000 km, ada penggantian oli dengan biaya sebesar Rp485 ribu dan seal O-ring oli seharga Rp11 ribuan, serta gak lupa mengganti filter Oli seharga Rp66 ribu.

    Biaya yang sama juga dikeluarkan pada kilometer 10 ribu, kemudian pada kilometer 20 ribu, dan seterusnya sampai 50 ribu km meter, setiap 10 ribu kilometer biayanya sama.

    Biaya lumayan besar ketika mobil menginjak jarak tempuh 60 ribu kilometer. Pada masa ini, makin banyak spare part yang harus di ganti. Hal ini wajar, karena memang sudah usia pakai standar dari mobil.

    Setidaknya ada 6 item yang harus di cek dan diganti bila perlu. Mulai dari ganti oli, seal O-ring, filter oli, oli transmisi CVT, filter-filter, juga oli rem.

    Biaya termahal di masa 60 ribu kilometer ada pada jasa perbaikan mencapai Rp400 ribuan, kemudian oli mesin, oli transmisi dan oli rem. Sisanya, masih dibawah Rp100 ribu saja.

    Nah, setelah mobil menyentuh masa pakai 70 ribu kilometer ke atas, sebenarnya biaya service per kelipatan 10.000 kilometernya sama dengan masa awal-awal, hanya saja sekarang sudah tidak dikenakan free jasa service, sehingga ada dana lebih yang harus dikeluarkan sekitar Rp200 ribu sampai Rp500 ribuan.

    Kalau kita total, biaya jasa service Wuling Almaz selama 100 ribu kilometer adalah sebesar Rp1,7 jutaan. Kemudian, biaya oli mesin sebesar Rp5,3 jutaan. Dua item tersebut yang memakan biaya paling besar, sisanya secara total masih dibawah satu jutaan.

    Jadi menggunakan Wuling Almaz sampai dengan usia pakai 100 ribu kilometer, konsumen hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp10 jutaan. Biaya ini sudah termasuk pembelian spare parts, oli dan juga jasa service.

    VIDEO Review Motor Listrik Lokal United T1800:

    Cek berita dan artikel yang lain di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini