home ×
Digilife

Semua Jenis File di Google Drive Bisa Diakses Tanpa Internet

06 September 2021 By
Semua Jenis File di Google Drive Bisa Diakses Tanpa Internet
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - Google akhirnya meluncurkan fitur yang sudah kurang lebih tiga tahun dalam versi beta. Setelah diluncurkan pertama kali dalam versi beta di 2019, fitur ini akhirnya bisa dinikmati publik.

Dengan fitur baru ini, Google Drive menyediakan akses offline untuk semua jenis file. Sebelumnya, akses offline ini hanya tersedia untuk file-file Google saja.

Di versi lama, salah satu file yang bisa diakses secara offline adalah file jenis Google Document. Ketika kalian mengaktifkan fitur ‘available offline’ maka dokumen tersebut bisa diakses tanpa internet. 

Baca juga: GoPay Resmi Jadi Alat Pembayaran di Apple

Nah, sekarang, fitur akses tanpa sambungan internet ini tersedia untuk semua jenis file termasuk foto, PDF, Spreadsheet, Slide dan jenis file lainnya.

Mengutip Dev Discourse,untuk aplikasi Google seperti Google Docs, Sheets,dan Slides akan tersedia secara offline, sehingga pengguna tak perlu lagi repot-repot buka Google Drive atau Docs untuk memilih opsi ‘Available Offline’.

Sedangkan untuk file non-Google seperti PDF, gambar, dan file Microsoft Office, diperlukan aplikasi terinstal dalam perangkat agar bisa mengaksesnya secara offline.

Google resmi luncurkan fitur ini pada 2 September 2021, namun peluncuran ini bersifat bertahap dan mungkin membutuhkan sekitar 15 hari untuk tersedia di semua Google Drive pengguna mulai dari 14 September 2021.

Fitur ini akan tersedia bagi semua pelanggan Google Workspace, termasuk Cloud Identity Free, Cloud Identity Premium, serta G Suite Basic and Business.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id