home ×
Digilife

Sensasi Lelang Keperawanan Jadi Viral, Sarah Keihl Bisa Ditindak Polisi

21 May 2020 By
Sensasi Lelang Keperawanan Jadi Viral, Sarah Keihl Bisa Ditindak Polisi
Share
Share
Share
Share

(Ilustrasi: niu niu / Unsplash)

Uzone.id -- Menjadi viral karena sesuatu negatif umumnya akan mengundang kontroversi dan perasaan resah dari masyarakat yang aktif di jagat maya. Hal ini tak cuma mencoreng nama baik, tapi juga bisa melibatkan hukum.

Netizen Indonesia tengah diramaikan dengan pembahasan #keperawanan di jagat Twitter yang berasal dari kelakuan selebgram Sarah Keihl. Sarah membuat sensasi di Instagram melalui videonya yang mengatakan bahwa dia akan membuka lelang keperawanannya agar dana yang terkumpul dapat disumbangkan ke pejuang COVID-19 dan pihak yang terdampak.

Tentu hal ini dianggap tidak bermoral dan hanya sensasi semata. Meski Sarah sudah meminta maaf dan membuat klarifikasi bahwa video tersebut hanya bercanda dan ingin sarkas, dirinya tetap dianggap telah melanggar norma.

Baca juga: Viral Selebgram Sarah Keihl Lelang Keperawanan, Harga Mulai Rp2 Miliar

“Tidak benar lah itu. Tindakan tersebut ada indikasi pelanggaran menyangkut kesusilaan dan perdagangan orang,” ungkap Heru Sutadi selaku Executive Director Indonesia ICT Institute kepada Uzone.id, Kamis (21/5).

Dia melanjutkan, “pihak kepolisian harus segera bertindak. Bisa pakai pelanggaran Kesusilaan, karena menawarkan keperawanan gitu bagian dari pelanggaran kesusliaan.”

Menurut Heru, hal yang dilakukan Sarah merupakan contoh buruk bagi media sosial. Tak cuma itu, Heru juga memperingatkan agar orang-orang tidak memanfaatkan situasi COVID-19 sebagai ajang cari perhatian atau menebar keresahan.

“Jangan sampai ini jadi ‘wabah’ yang akan ditiru selebgram atau orang lain. Jangan jadi pandemi COVID-19 sebagai ajang pansos [panjat sosial] atau menjajakan diri dengan alasan donasi,” terang Heru.

Dia menyambung, “donasi ya donasi, lelang yang umum saja seperti sepatu, lukisan, motor listrik, atau lainnya. Kalau keperawanan kan tidak umum, tidak beretika, atau bisa jadi ada indikasi menawarkan diri dengan alasan donasi dan menganggap masih perawan. Kalau tujuan baik harus dengan cara yang baik."

Baca juga: Dihujat Netizen, Sarah Keihl Minta Maaf Soal Video Lelang Keperawanan

Diketahui video viral Sarah tersebut memang sudah dihapus di akun Instagram pribadinya, namun netizen masih bisa menyaksikan video itu di Instagram gosip @lambe_turah.

Di dalam video itu Sarah mengatakan dia rela melelang keperawanannya dengan harga dimulai dari Rp2 miliar. Meski niatnya “mulia” yakni untuk membantu pejuang pandemi corona dan pihak yang terkena dampak, tetap saja caranya dinilai tidak bermoral.

Video Sarah ini mendapat hujatan dari netizen Tanah Air dan membuat tagar #keperawanan bertengger di deretan Trending Topic Twitter wilayah Indonesia pada Kamis (21/5).

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Latipcnk Ngembul Kidul 21 May 2020 | 15:03:37

terima kasih uzone infonya

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article