Gadget

Sensor Fingerprint di Google Pixel 6 Lemot, Kok Bisa?

  • 09 November 2021
  • Bagikan :
    Sensor <i>Fingerprint</i> di Google Pixel 6 Lemot, Kok Bisa?

    Foto: The Verge

    Uzone.id -- Sejak duo Pixel 6 dan 6 Pro dirilis, ada beberapa hal yang disorot oleh pengguna, salah satunya pemindai sidik jari yang ternyata lemot.

    Euforia kehadiran Pixel 6 bisa dibilang besar, apalagi Google secara perdana menghadirkan prosesor buatannya, Tensor. Namun, ada masalah yang belakangan dikeluhkan pengguna Pixel 6, yakni kinerja pemindai fingerprint yang sangat lambat dan membuat mereka terganggu karena proses membuka kunci ponsel jadi terhambat.

    Masalah ini kemudian dijawab oleh pihak Google melalui akun Twitter @madebygoogle.

    Kami mohon maaf atas gangguan ini. Sensor sidik jari Pixel 6 menggunakan algoritma keamanan yang telah ditingkatkan. Dalam beberapa kasus, perlindungan tambahan ini memerlukan waktu lebih lama untuk melakukan verifikasi, atau membutuhkan lebih banyak kontak langsung dengan sensor,” cuit pihak Google.

    Baca juga: Dirilis, Ini Spesifikasi Pixel 6 dan 6 Pro

    Tak hanya itu, Google juga memberikan tautan yang mengarahkan ke laman situsnya mengenai cara membuka kunci ponsel dengan pemindaian sidik jari. Pada dasarnya tautan ini tidak membantu masalah yang sedang dihadapi para penggunanya, sebab hanya menjabarkan langkah penggunaan pemindai sidik jari dan saran umum seperti jari kita harus bersih.

    Di samping itu, ada juga netizen yang berspekulasi kalau ini adalah masalah hardware. Pixel 6 sendiri menggunakan pemindai sidik jari optikal yang dibenamkan di bawah layar, bukan pemindai ultrasonic super cepat seperti Galaxy S21 dari Samsung.

    Hal tersebut yang kemudian diyakini sebagian orang sebagai sumber masalah lemotnya sensor fingerprint dari Pixel 6 ini.

    Baca juga: Google Siapkan Prosesor Tensor 2?

    Sementara di forum online Reddit, ada juga pengguna yang membela Pixel 6 dengan mengatakan pemindai fingerprint optikalnya bekerja baik-baik saja dan mempercayai kalau masalah ini memang terletak di bagian software.

    Mungkin sebagai jalan tengahnya apabila sensor sidik jari Pixel 6 masih lemot, pengguna bisa memanfaatkan kunci melalui PIN terlebih dahulu.

    VIDEO: Unboxing Realme 11T

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini