Sepanjang 2023, Barang-barang ini yang Paling Dicari di Tokopedia
Uzone.id – Sepanjang 2023, belanja online masih jadi pilihan banyak orang di Indonesia. Kementerian Perindustrian RI menyebut kalau sepanjang 2023 ini, pengguna e-commerce mencapai 196 juta orang dengan transaksi yang diramal mencapai Rp572 triliun.
Salah satu tujuan belanja online masyarakat Indonesia adalah Tokopedia, e-commerce yang satu ini mencatat beberapa produk yang laris manis sepanjang tahun 2023, yaitu di kategori produk rumah tangga, seperti makanan, minuman, kecantikan dan body care.“Sepanjang tahun 2023, kami mencatat ada sejumlah kategori produk yang paling laris dibeli masyarakat lewat Tokopedia, yaitu Rumah Tangga dan Groceries, yang mencakup Makanan dan Minuman, Kecantikan dan Perawatan Tubuh,” kata Aditia Grasio Nelwan sekali Head of Communications Tokopedia dalam keterangan resminya, Kamis (28/12).
Dalam kategori Kecantikan dan Perawatan Tubuh, parfum dan cologne, essential oil dan minyak pijat menjadi yang paling banyak dicari sepanjang 2023 dengan kenaikan rata-rata mencapai 2 kali lipat.
Kategori produk Rumah Tangga seperti alat kebersihan, pengharum ruangan dan perlengkapan pesta menjadi yang paling laris dengan rata-rata kenaikan 2,5 kali lipat.
Di kategori makanan dan minuman, ada air mineral, seafood dan beras yang menjadi produk paling laris di Tokopedia sepanjang tahun ini dengan kenaikan rata-rata 3 kali lipat.
Hampers juga menjadi yang paling banyak dicari selama 2023 ini, dimana Tokopedia mencatat ada peningkatan transaksi hampers sebesar lebih dari 9 kali lipat jika dibandingkan dengan tahun 2022.
“Ini memperlihatkan makin tingginya antusiasme masyarakat untuk saling berbagi atau berkirim hadiah dalam bentuk hampers, yang dengan sangat mudah dan terjangkau bisa didapatkan melalui Tokopedia,” kata Adita.
Transaksi untuk produk digital seperti pajak daerah, e-invoicing, internet dan TV juga banyak dilakukan di Tokopedia, dimana kenaikannya mencapai 7 kali lipat.
Selain itu, jumlah penjual dan transaksi di Tokopedia juga mengalami peningkatan sepanjang tahun ini. Beberapa wilayah seperti Sampang (Jawa Timur), Barito Kuala (Kalimantan Selatan) dan Tanggamus (Lampung) mengalami kenaikan tertinggi dengan jumlah penjual dengan rata-rata peningkatan hampir 1,5 kali lipat.
Wilayah Maluku Barat Daya (Maluku), Yahukimo (Papua) dan Lombok Utara (Nusa Tenggara Barat) juga menjadi kota dengan kenaikan transaksi tertinggi dengan rata-rata peningkatan hampir 2 kali lipat.
“Tokopedia juga mencatat pengiriman terjauh pada 2023 terjadi dari Banda Aceh ke Merauke untuk produk jersey dan celana sepeda,” tambah Aditia.
Sepanjang tahun ini, Tokopedia juga menghadirkan beberapa fitur seperti Multiple Product Search, Buy More Save More, dan fitur ramah penyandang buta warna termasuk mode light, dark, protanopia, deuteranopia dan tampilan tritanopia.