icon-category Digilife

Serba-Serbi Prambanan Jazz Festival 2022, Dari Hybrid sampai NFT

  • 04 Jul 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto: Prambanan Jazz Festival 2022 (Vina/Uzone.id)

    Uzone.id - Comeback pertama Prambanan Jazz Festival 2022 dalam menggelar konser offline sukses bikin lebih dari 10 ribu penonton yang hadir di acara ini larut dalam euforia. 

    Mengusung tema 'Sewindu Merayakan Windu", PJR 2022 hadir kembali setelah 2 tahun absen akibat adanya pandemi, namun kambek kali ini tentunya dibarengi tren-tren baru yang belakangan hadir. Seperti kita pada umumnya, PJF 2022 juga tak ingin ketinggalan momentum dari tren-tren ini. Nah, kira-kira teknologi apa saja sih yang hadir dari PJF 2022 ini? 

    Digelar hybrid

    Beda dengan acara tahun lalu yang digelar full secara virtual di platform IKonser, PJF 2022 kali ini digelar secara hybrid alias offline dan online.

    Penonton tahun ini sudah bisa menikmati penampilan para musisi tanah air secara langsung di pelataran Candi Prambanan, namun tetap belum sepenuhnya kembali normal. Menyesuaikan keadaan yang masih abu-abu, penonton yang hadir masih terbatas dan disediakan kursi dan tidak dianjurkan untuk berdiri, mereka juga diminta untuk tetap menggunakan masker.

    Untuk penonton online, acara ini ditayangkan secara resmi oleh platform IKonser dari Indihome TV selaku broadcaster resmi acara ini. 

    Baca juga: Setelah Jual NFT, Prambanan Jazz Festival Bakal Nongol di Metaverse?

    Ada NFT

    Selama pandemi, NFT jadi salah satu tren yang booming di seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia. Melihat antusiasme yang tinggi dan tren NFT yang masih booming, Prambanan Jazz Festival 2022 pun ikut menghadirkan aset digital NFT yang bisa dibeli oleh pengguna.

    Tak hanya hadir sebagai aset digital yang bisa dikoleksi, Prambanan Jazz NFT ini memiliki berbagai keuntungan seperti akses gratis pada acara yang diselenggarakan oleh Rajawali Indonesia. 

    Kehadiran LED besar 

    Menuju arena utama,  pengunjung akan disuguhi dengan 3 layar LED yang menayangkan kilasan balik 8 tahun acara Prambanan Jazz Festival dalam bentuk foto dan video kolase.

    Layar besar ini jadi salah satu spot terfavorit bagi pengunjung untuk mengabadikan momen Prambanan Jazz Festival. 

    Setting cahaya yang spektakuler

    Salah satu yang bikin pecah acara ini tentunya adalah setting stage, sound dan juga cahaya yang memukau. Setting cahaya yang mengiringi para penyanyi ini juga diatur agar tetap memperlihatkan kecantikan Candi Prambanan yang menjadi latar acara Prambanan Jazz Festival. 

    Anas Syahrul Alimi selaku CEO Rajawali Indonesia mengatakan kalau Prambanan Jazz Festival ini menggunakan lighting dan sound system yang terbaik.

    "Untuk lighting ke candinya juga benar-benar kita pilih supaya tidak terlalu snob atau berlebihan," ungkapnya.

    Acara ini sudah sukses digelar dari Jumat, 1 Juli 2022 hingga Minggu, 3 Juli 2022. Banyak musisi lintas generasi hadir di acara ini, mulai dari Tulus, Kahitna, Fiersa Besari, Deddy Dhukun, Maliq & D'essentials, Fariz RM, Mus Mujiono, Iskandar Widjaja, Kunto Aji, Sore dan banyak lagi. 

    Prambanan Jazz Festival 2022 juga dimeriahkan oleh musisi pemenang kompetisi Karya Nada Indonesia dan Goes to Prambanan yang diselenggarakan oleh IKonser dan Indihome.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini