icon-category Digilife

Serial Dikta dan Hukum Dikecam Netizen, Diduga Pakai Jeno NCT Tanpa Izin

  • 01 Dec 2021 WIB
  • Bagikan :
    Para pemain serial Dikta dan Hukum (Foto: Instagram @diktadanhukum_series)

    Uzone.id - Jeno Lee, salah satu personel boyband NCT Dream, jadi trending topic Twitter di Indonesia pada Rabu (1/12/2021).

    Gara-garanya, banyak netizen yang mengecam serial televisi 'Dikta dan Hukum' yang tayang di WeTV diduga telah menggunakan nama Jeno tanpa izin alias ilegal.

    'Dikta dan Hukum' merupakan novel fiksi terkenal karya Dhia'an Farah. Novel tersebut awalnya diterbitkan melalui utas di Twitter.

    BACA JUGA: Isi Surat Jack Dorsey Saat Putuskan Tinggalkan Twitter

    Netizen mempermasalahkan cerita serial televisi dan penulis novel menggunakan nama Jeno. Penggemar menyangka nama Jeno mengambil dari Jeno personel NCT Dream, dan tanpa izin menggunakan nama tersebut dari agensi SM Entertainment.

    Dilansir Uzone.id dari Koreaboo, novel Dikta dan Hukum sebenarnya menampilkan anggota NCT lainnya, terutama Doyoung, yang diubah namanya oleh penulis novel jadi Dikta.

    Namun, meskipun anggota NCT lainnya dikenal sebagai karakter yang berbeda dalam cerita, namun nama Jeno tetap tidak berubah, bahkan digunakan juga di serial televisi.

    Netizen berargumen nama Jeno bukan hanya nama pribadinya, namun sudah jadi merek sebagai seniman.

    Oleh karena itu, menggunakan nama Jeno tanpa izin berpotensi berdampak pada merek dan karirnya. Sehingga, netizen meminta Jeno sebagai seniman dihormati.

    BACA JUGA: Rayyanza Malik Ahmad, Nama Adik Rafathar Bikin Gemas Netizen

    "Hai kak, apa engga memungkinkan untuk nama Jeno ini diganti jadi lebih lokal aja? jadi jenovan atau jordan juga bisa kan? biar gak kena masalah pas tayang nanti soalnya aku udah liat artikel yg fans inter mempermasalahkan hak cipta dari nama Jeno ini," tulis salah satu penggemar di kolom akun Instagram resmi Dee Company, rumah produksi serial 'Dikta dan Hukum'. 

    Dibintangi Natasha Wilona

    Serial 'Dikta dan Hukum' tayang di WeTV disutradarai Hadrah Daeng Ratu, diproduseri Dheeraj Kalwani dan diproduksi Dee Company.

    Serial ini menampilkan bintang Natasha Wilona yang memerankan karakter Nadhira, Ajil Ditto memerankan karakter Dikta, Yoriko Angeline berperan sebagai Alea, dan Abun Sungkar berperan sebagai Jeno.

    'Dikta dan Hukum' menceritakan kisah Dikta dan Nadhira yang bersahabat sejak kecil. Selanjutnya Dikta sudah kuliah sedangkan Nadhira masih menempuh bangku SMA.

    Mereka pun telah memiliki pasangan masing-masing dan suatu hari ayah Dikta mengungkapkan harapan terakhir yaitu Dikta dan Nadhira bisa menikah.

    Sejak kecil, Dikta sudah menderita gagal ginjal dan harus rutin melakukan cuci darah. Dikta sadar hidupnya tak akan panjang sehingga bimbang menentukan hubungannya dengan Nadhira.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini