icon-category Lifestyle

Benarkah Orgasme Intens Dapat Menyebabkan Kebutaan?

  • 05 Jan 2018 WIB
Bagikan :

Orgasme adalah bagian terbaik dari seks dan puncak kegembiraan. Tapi Anda mungkin takut mengetahui bahwa orgasme yang sangat kuat berpotensi membuat Anda buta.

Dilansir International Busines Times, seorang pria berusia 29 tahun berasal dari Southampton, Inggris harus berkonsultasi dengan dokter di pagi hari setelah menyadari bahwa pandangan mata kirinya terganggu.

Dia mengatakan kepada dokter bahwa ia memiliki seks yang intens pada malam sebelumnya. Dokter yang menganalisisnya menemukan perdarahan di matanya. Hal ini disebabkan oleh tekanan yang dibangun saat orgasme.

(Depositphotos)

Dalam kasus pria ini, tekanan mendadak yang terjadi di belakang retina saat dia berhubungan seks membuat pembuluh darahnya meledak, merusak mata kirinya.

"Selama orgasme manuver valsava [menahan napas untuk mencegah orgasme] dapat menghasilkan peningkatan tekanan vena retina secara tiba-tiba sehingga terjadi pecahnya pembuluh darah dan retinopati hemoragik," demikian laporan kasus BMJ, seperti dilansir The Sun.

Penyebabnya adalah, menahan nafas saat berhubungan seks adalah alasan utama dibalik tekanan penumpukan yang menyemburkan pembuluh darah dan menyebabkan perdarahan di mata. Orang sering menahan nafas saat berhubungan seks karena mengalami sensasi lebih kuat, untuk mendapatkan orgasme dan pria diketahui melakukannya untuk mencegah ejakulasi. Terlepas dari perdarahan, membatasi nafas Anda bahkan bisa menyebabkan mati lemas.

Namun, kabar baiknya tentang kerusakan akibat orgasme ini untungnya tidak permanen. Dalam kasus ini, petenis berusia 29 tahun itu mendapatkan kembali penglihatan matanya setelah darah di matanya diserap kembali ke tubuhnya.

(Depositphotos)

"Efek otonom dari orgasme pada mata sudah diketahui dan dikaitkan dengan patologi okular lainnya, termasuk glaukoma sudut tertutup [kerusakan saraf optik akibat tekanan]," laporan tersebut menyimpulkan.

"Sebelum ejakulasi, nada vaskular retina menurun, memungkinkan pembuluh darah melebar dan membesar."

Ada beberapa cara orang terluka saat berhubungan seks, tidak melakukannya secara kasar bisa membantu dalam menghindarinya. Cara sederhana untuk mencegah kebutaan yang disebabkan oleh orgasme adalah dengan menghindari menahan napas saat Anda melakukannya.

(dea / wida)

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Tags : Orgasme Buta 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini