icon-category Auto

Sering Ragu Bawa Motor Lewat Gang Sempit? Simak Tips Berikut Ini

  • 07 Aug 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Mengendarai sepeda motor memang membutuhkan pengalaman, konsentrasi, dan keseimbangan. Terutama ketika melewati rute yang sulit, seperti saat masuk ke gang dengan ruas jalan yang sempit.

Tentunya hal ini menjadi tantangan banyak pengendara, mengingat gang sempit memiliki berbagai rintangan seperti motor parkir, tempat sampah, hingga pejalan kaki.

Nah, kali ini Yamaha Riding Academy Jawa Tengah memberikan beberapa tips untuk membawa motor di gang sempit. Apa aja?

1. Pastikan motor sehat

Seperti kebiasaan sebelum berkendara, saat melewati gang sempit, pastikan rem, ban, lampu, dan klakson berfungsi dengan baik. Kondisi komponen tersebut dapat membantu pengendara ketika menghadapi situasi darurat atau menghindari kecelakaan.

2. Kenali dimensi motor

Perlu diingat sebelum memasuki gang sempit, ada baiknya mengenal lebar motor yang digunakan, termasuk spion. Dengan demikian, pengendara dapat memperkirakan seberapa sempit gang yang bisa dilewati secara aman.

Hindari pula melewati ruang jalan yang sangat sempit, karena berisiko berbenturan dengan kendaraan lain atau benda-benda di sekitarnya.

3. Perhatikan kecepatan

Selalu kendalikan kecepatan motor ketika melalui gang sempit. Jika terlalu cepat, dapat membuat motor kehilangan kendali dan sulit untuk bermanuver.

Atur kecepatan agar motor dapat dengan mudah diberhentikan saat dibutuhkan. Gunakan rem belakang bila berkendara dengan kecepatan rendah untuk membantu keseimbangan motor saat berkendara.alt-img

4. Perhatikan pejalan kaki

Jika terdapat pejalan kaki di gang sempit, berikan prioritas kepada mereka. Turunkan kecepatan atau berhenti sepenuhnya jika perlu.

Pastikan motor memiliki jarak aman, agar pejalan kaki merasa aman saat berjalan di gang sempit.

5. Jaga jarak dari kendaraan lain

Selalu pertimbangkan jarak motor yang dikendarai dengan kendaraan lain di sekitarnya, terutama saat berada di belakang motor lain. Jangan terlalu dekat, agar masih memiliki waktu untuk bereaksi jika terdapat kondisi darurat.

6. Perhatikan lalu lintas

Meskipun di gang kecil, tetap perhatikan lalu lintas di sekitar Anda. Pastikan melihat kiri dan kanan sebelum keluar dari gang.

Meskipun lalu lintas di gang sangat jarang, namun tetap waspada akan munculnya kendaraan lain secara tiba-tiba.

7. Manuver dengan hati-hati

Jika berbelok di gang sempit, pastikan untuk melakukannya dengan hati-hati. Posisikan tangan dan bahu rileks saat menggenggam setang motor dan kaki masuk ke dalam dek motor.

Apabila menggunakan motor sport, posisikan kaki menhimpit tangki dengan rapat. Gunakan lampu sein untuk memberi tahu pengendara lain sebelum berbelok.

8. Tetap tenang dan sabar

Terakhir tenang dan sabar adalah kunci utama ketika mengendarai motor di gang sempit. Hindari mengegas dan reaksi berlebihan, dengan tenang dan sabar maka motor dapat dikendalikan dengan baik.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini