Telco

Serius Garap Bisnis Game, Telkomsel Bikin Anak Usaha Baru Bareng TMI

  • 05 January 2022
  • Bagikan :
    Serius Garap Bisnis Game, Telkomsel Bikin Anak Usaha Baru Bareng TMI Dok. Telkomsel

    Uzone.id - Rupanya Telkomsel makin serius mengggarap bisnis game di tanah air. Baru-baru ini, perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia itu telah membentuk anak usaha baru bernama PT Telkomsel Ekosistem DIgital (TED) bersama dengan PT Telkomsel Mitra Inovasi (TMI).

    Dalam keterbukaan informasi publik Telkom yang ada di Bursa Efek Indonesia (BEI), pendirian perusahaan bernama PT TED itu telah dilakukan pada 28 Desember 2021 kemarin. Nilai transaksinya pun tidak main-main, sekitar Rp197 miliar.

    PT Telkomunikasi Selular (Telkomsel) sendiri merupakan anak usaha PT Telkom, sedangkan PT Telkomsel Mitra Inovasi merupakan anak usaha dari Telkomsel itu sendiri.

    Baca juga: Natal dan Tahun Baru, Trafik Mobile Games Telkomsel Naik 87 Persen

    Masih dalam dokumen tersebut, Telkomsel juga dikabarkan telah mengalihkan kontrak usaha patungan kepada PT TED yang direncanakan sebesar USD20 juta. Nantinya porsi TED mencapai USD11 juta. Pembentukan perusahaan TED diharapkan akan memperkuat kompetensi dan kapabilitas di vertikal bisnis game, khususnya AAA (triple A) games.

    Saham PT TED akan dikuasai mayoritas oleh Telkomsel, yakni sebesar 99,994 persen. Sedangkan sisanya 0.006 persen akan dimiliki oleh PT TMI.

    Sebelumnya, Telkomsel sendiri sudah memiliki Dunia Games yang khusus menjadi publisher game dan penyelenggaraan eSports di Indonesia, yang diperkuat dengan website Dunia Games.co.id.

    Baca juga: Telkom Siap Bangun Akses Internet di Pos TNI Wilayah 3T

    Sedangkan TED sepertinya akan fokus di pengembangan video games dengan nilai produksi tinggi. Inilah yang disebut sebagai Game AAA. Istilah itu diperuntukkan bagi game dengan skor A, baik dari sisi grafis, kualitas permainan, dan hasil penjualan. Game ini tidak dibuat sembarangan tapi untuk menjadi game terbaik.

    Tahun ini, beberapa game yang masuk kategori AAA adalah game balap Forza Horizon 5, first person shooter Deathloop, sampai Far Cry buatan Ubisoft.

    Telkomsel memang serius menggarap bisnis game sejak lama. Kontribusi bisnis digital terhadap total pendapatan Telkomsel meningkat dari 73,2 persen pada kuartal III/2020 menjadi 77,5 persen pada kuartal III/2021. Sebagai data pendukung, Pendapatan Telkomsel dari layanan Data pun tumbuh sebesar 4,1 persen secara tahunan menjadi Rp43,14 triliun dengan 120,9 juta. Pengguna Data, naik 3 persen dibandingkan dengan kuartal III/2020.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini