icon-category Auto

Serunya Cicip Hyundai Creta di Pulau Dewata

  • 25 Feb 2022 WIB
Bagikan :
Foto: Meyka Septira

Uzone.id – Penampakan Hyundai Creta yang semula hanya kami lihat siluet sketsanya saja di berbagai platform sosial media, akhirnya menampilkan sosok aslinya untuk pertama kali, berbarengan dengan demo fitur-fitur unggulan di acara perilisannya di GIIAS 2021.

Kala itu, belum ada kesempatan menjajal mobil satu ini.

Beberapa bulan setelahnya, PT. HMID menggelar test drive Hyundai Creta dengan rute yang cukup menantang selama dua hari di Pulau Dewata.

Momen menjajal Hyundai Creta ini terbilang unik. Saya akan membaginya ke beberapa detail tulisan di bawah ini.

Impresi berkendara di atas tol Mandara Bali
Sesampainya di Bali, 40 unit Hyundai Creta sudah dijejerkan dengan rapi di tempat parkir bandara I Gusti Ngurah Rai untuk saya jajal. Rute pertama adalah Bandara Ngurah Rai ke Uluwatu yang berjarak 22 km.

Perjalanan pertama saya melewati jalan tol di atas laut pertama di Indonesia, jalan tol Mandara Bali yang membuat saya ingin mencoba untuk memacu kecepatan tinggi.

Hyundai Creta diklaim memiliki tenaga 115ps dan torsi 144nm. Dari pengalaman saya, saking nyamannya, saya sampai tidak sadar kalau kecepatan yang saya laju mencapai 120 km per jam.

Foto: Uzone.id/Meyka Septira

 

Walau ngebut, kala itu semuanya berjalan secara mulus, kabin tidak terasa terguncang, dan hentakannya pun halus saat saya bawa akselerasi.

Hal yang paling membuat saya takjub adalah kekedapan kabin teredam dengan baik!

Ragam teknologi pendukung
Setelah melalui 40 menit perjalanan, saya tiba di Uluwatu dan langsung disuguhkan dengan demo fitur-fitur canggih dari Hyundai Creta.

Mobil pabrikan Indonesia ini ternyata sudah menyematkan fitur SOS yang memudahkan pengendara untuk mendapatkan bantuan ketika terjadi kecelakan. Tombol ini terletak di kabin depan dekat dengan spion bagian tengah sehingga pencapaiannya tidak sulit.

Ketika di klik, tombol SOS ini akan menghubungkan pengguna mobil ke Call Center SOS Hyundai. Lalu, setelah melakukan verifikasi melalui beberapa pertanyaan, Call Center akan bisa melacak lokasi mobil dan mengirimkan bantuan yang dibutuhkan mulai dari toeing, mobil derek, hingga ambulans.

Hyundai Creta punya kecanggihannya lain yang diberi nama Hyundai Bluelink. Aplikasi ini bisa menghubungkan pengguna dengan Hyundai Creta miliknya hanya dari genggaman.

Baca juga: Hyundai Creta Bisa Test Drive dari Rumah

Ponsel yang terhubung dengan Bluelink bisa berperan sebagai remote mobil, perangkat untuk mencari lokasi mobil, memonitor kondisi mobil, hingga fitur penghentian pencurian mobil.

Foto: Uzone.id/Meyka Septira

 

Fitur selanjutnya yang tak kalah menarik saya temukan saat melanjutkan perjalanan ke Pantai Pandawa yang penuh jalan berkelok dan menanjak.

Diberi nama Hyundai Smartsense, fitur ini hadir bagaikan guardian, karena fungsinya untuk menjaga pengguna dan mobil yang dikemudikan berjalan secara aman.

Selain itu, ada momen di mana saya menyetir di jalanan dengan marka jalan yang jelas, lalu saat bergerak keluar dari garis, fitur Lane Keeping Assist akan membantu menggerakan kemudi untuk kembali masuk ke dalam marka jalan.

Selanjutnya, ada fitur Blind-spot Collision-avoidance Assist yang akan memberikan peringatan di spion berupa logo warning dan suara setiap ada mobil lain yang terdeteksi sedang mendekat.

Sisanya, masih ada beberapa sistem pintar lain seperti Hill-start Assist Control (HAC), Forward Collision-avoidance Assist (FCA), Lane Following Assist (LFA), dan Rear Cross-traffic Collision-avoidance Assist (RCCA).

Foto: Uzone.id/Meyka Septira

 

Hyundai Creta juga mendukung Apple Carplay dan Android Auto yang bisa menampilkan Google Maps dan playlist lagu sekaligus yang terdengar mantap lewat dukungan sistem audio BOSE.

Terakhir sebelum menutup rangkaian test drive ini, akhirnya saya mencoba duduk di barisan kursi penumpang dari perjalanan Kintamani ke Bandara I Gusti Ngurah Rai.

Tempat duduknya nyaman, legroom dan headroom masih luas, namun memang idealnya untuk 2 orang agar lutut tidak nabrak console di bagian tengah. Soal AC untuk penumpang di bagian belakang juga tersebar rata dan ada blower AC di console tengah beserta port USB charger walaupun memang Cuma ada 1 slot.

Hyundai Creta memberi kesan mobil nyaman nan pintar yang bisa jadi pilihan sebagai kendaraan keluarga kecil, atau bertualang bersama teman-teman.

 

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini