home ×
News

Setelah 4G, Kini Ada Teknologi 4,5G

21 October 2016 By
Setelah 4G, Kini Ada Teknologi 4,5G
Share
Share
Share
Share


Minggu lalu, PT XL Axiata Tbk (XL) memperkenalkan teknologi 4T4R 4x4 MIMO untuk memaksimalkan layanan komunikasi 4G LTE.

Dengan teknologi ini, kecepatan akses internet bisa meningkat hingga 2 kali lipat. Selain itu, koneksi menjadi lebih stabil.

XL telah menerapkannya di beberapa kota besar di Indonesia. Jangkauan teknologi ini akan diperluas. Ke depan, teknologi ini menjadi awal untuk penyelenggaraan layanan 4,5G.

Implementasi 4T4R ini adalah yang pertama di Indonesia hasil kerja sama XL dan Ericsson Indonesia. Selain memperluas cakupan wilayah, XL memaksimalkan performa dengan menerapkan inovasi teknologi 4G LTE demi meningkatkan pengalaman pelanggan serta kapasitas jaringan.

Sebelumnya, XL melakukan uji coba teknologi 4,5G lainnya yaitu LTE Carrier Aggregation dengan tiga frekuensi yakni 900 MHz, 1800 MHz dan 2100 MHz, kemudian melakukan uji coba LTE-LAA (License Assisted Access).

Pertengahan tahun ini, XL melakukan implementasi 4T4R dengan 4x4 MIMO yang merupakan bagian dari teknologi 4,5G.

“Secara teknis, 4T4R merupakan teknologi untuk meningkatkan kecepatan akses data serta menjaga kestabilan layanan 4G LTE dengan menggunakan kombinasi multi signal. Yaitu kombinasi 4 sinyal transmit dan 4 sinyal receive. Artinya, teknologi ini memancarkan data dengan kombinasi 4 sinyal sekaligus dan menerima data dari kombinasi 4 sinyal sekaligus,” ulas Direktur-Chief Service Management Officer XL, Yessie D. Yosetya kepada tabloidbintang.com, di Jakarta pekan ini.

(wyn/gur)

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id