icon-category Auto

Setelah Chevy, Datsun Bersiap Angkat Kaki dari Indonesia?

  • 22 Nov 2019 WIB
  • Bagikan :

    Foto: Dok Datsun Indonesia

    Uzone.id - Setelah selau diberitakan terseok-seok gak hanya di pasaran global, tapi juga di Indonesia, perlahan tapi pasti Datsun sepertinya bakal menyerah juga di Indonesia.

    Rumor berhembus, kalau Datsun bakal menghentikan aktivitas operasional pabriknya pada Januari 2020. Artinya, Nissan Indonesia akan melepas Datsun?

    “Soal pertanyaan itu, kami tidak berkomentar ya. Saya ingin menyampaikan bahwa Nissan tetap berkomitmen terhadap pasar dan konsumen di Indonesia. Itu saja, tanggapan dari kami mengenai hal tersebut,” jawab Head of Communications PT Nissan Motor Indonesia, Hana Maharani.

    VIDEO Review dan Nyoba Motor Listrik Lokal, Gesits:

    Strategi Nissan Global untuk melakukan efisiensi besar-besaran berarti terbukti dan berpengaruh banyak di Indonesia.

    Bahkan dilansir dari motoris.id, seorang sumber yang berasal dari salah satu vendor Datsun Indonesia mengungkap kalau mulai tahun depan Datsun hanya akan menjual sisa stok unit, "Setelah itu selesai. Goodbye Datsun!,” ujar sang sumber.

    Kalau melihat rekam jejak data penjualan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) penjualan Datsun memang terus menurun dari tahun ke tahun.

    Pada tahun pertama kehadirannya kembali di Indonesia pada tahun 2014, Datsun tercatat bisa menjual sebanyak 20.520 unit. Kemudian meningkat di tahun 2015 menjadi 29.358 unit.

    Dan mulai memasuki tahun 2016, penjualannya mulai menurun menjadi 25.483 unit dan tahun 2017 hanya 10.484 unit.

    Dua tahun terakhir, sepanjang tahun 2018 Datsun Indonesia hanya jualan sebanyak 10.433 unit. Dan di tahun 2019, dari Januari hingga Juni, penjualan LCGC ini hanya 3.844 unit atau anjlok 50 persen dibanding semester pertama tahun lalu yang masih sebanyak 7.621 unit.

    Dua model andalan Datsun disegmen LCGC, Datsun GO hanya terjual sebanyak 2.344 unit dan Datsun GO+ cuma terjual 1.213 unit. Lebih parah lagi Datsun Cross, sejak Juli hingga September lalu sudah tidak mencatatkan penjualan alias nol.

    Apakah benar kalau Datsun juga akan segera menyusul Chevrolet? Kita nantikan saja awal tahun depan..

    VIDEO Review Xpander Cross First Impression:

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini