home ×
Digilife

Setelah YouTube Kids, Kini Hadir YouTube Khusus Remaja

27 February 2021 By
Setelah YouTube Kids, Kini Hadir YouTube Khusus Remaja
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Uzone.id -  Setelah menghadirkan YouTube Kids yang dikhususkan untuk membatasi konten dan fitur untuk anak, sekaligus memberikan kendali pada orang tua untuk mengawasi anak mereka. Kini, YouTube kembali membuat fitur khusus yang diperuntukkan bagi remaja dan pra-remaja. 

Menurut YouTube, dikutip dari Neowin, Jumat (26/2), anak remaja memiliki kebutuhan belajar dan kreativitas yang berbeda. 

Layanan ini memiliki kemampuan baru yang memungkinkan orang tua mengendalikan jenis konten apa saja yang bisa ditonton atau tidak oleh remaja. Orang tua bisa mengawasi anak remajanya lewat akun yang sudah diatur untuk diawasi.

Layanan ini akan hadir beberapa bulan yang akan datang dalam versi beta. Orang tua bisa memilih satu dari tiga tingkatan akses ke YouTube.  

Tiga tingkatan itu diantaranya, Explore (Jelajah), Explore More (Jelajahi lebih banyak) dan Most of YouTube (Sebagian besar YouTube).

Explore ditujukan untuk anak-anak usia sembilan tahun keatas, dengan konten-konten seperti tutorial, video games, video klip musik, berita dan video pendidikan. lalu, Explore More, ditujukan untuk usia 13 tahun keatas dengan konten yang lebih luas dengan live stream yang mirip dengan tingkat Explore.

Baca juga: Kominfo Bentuk Net Ethics Committee, Agar Warga Lebih Beretika dalam Berinternet

Yang terakhir, Most of YouTube menyediakan akses ke hampir semua jenis konten kecuali video yang tak sesuai dengan usia dan video-video inappropriate lainnya.

Tak hanya itu, YouTube juga akan menyiapkan panduan bagi orangtua untuk mengoperasikan opsi baru ini. Nantinya, pengaturan konten ini akan  tersedia untuk orangtua yang memiliki anak dibawah usia legal sebagai tes sebelum mengembangkan kemampuan ini.

Orang tua juga bisa melihat video apa saja yang sudah ditonton anak mereka, dan kata apa saja yang telah ditelusuri oleh anak-anak. Kemampuan ini bisa dilihat dari setelan akun anak-anak mereka.

Fitur baru juga melengkapi kendali orang tua yang sebelumnya sudah tersedia lewat Family Link, Google berjanji untuk mengenalkan fitur baru lainnya di masa mendatang, termasuk kemampuan memblokir konten.

Meski YouTube sudah memberikan kendali pada orang tua untuk mengizinkan anaknya nonton diluar YouTube Kids, layanan ini masih tetap menonaktifkan fitur tertentu termasuk iklan, pembelian apapun lewat aplikasi, komentar dan pembuatan video.

Di masa yang akan datang, YouTube berencana untuk terus bekerja sama dengan orang tua dalam  menambah lagi fitur-fitur “melalui pendekatan sesuai usia dan diawasi orang tua.”

VIDEO: Galaxy S21 Review, Ponsel Terbaik Tahun 2021

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article