home ×
Auto

Setengah Abad Mitsubishi Fuso dan Sepak Terjang Si Kepala Kuning

05 December 2020 By
Setengah Abad Mitsubishi Fuso dan Sepak Terjang Si Kepala Kuning
Share
Share
Share
Share

Foto: dok. KTB

Uzone.id - Siapa yang gak mengenal "si Kepala Kuning", sebuah light truk yang sudah seliweran di Indonesia bahkan sejak koneksi internet belum ada di dunia.

Mitsubishi Colt Diesel nama lengkapnya, meski identik dengan nama "Kepala Kuning" yang khas dan hampir berada di mana saja di Indonesia, mau di perkotaan, pedesaan, pegunungan sampai perkebunan dan bahkan pantai.

Keberadaan Mitsubishi Colt Diesel di segmen kendaraan niaga tak boleh dianggap remeh. Selama kurun waktu lebih dari 50 tahun lamanya, truk berlogo tiga berlian ini boleh dibilang turut berkontribusi membangun negeri.

BACA JUGA: Penjualan Hong Guang Mini EV Kalahkan Tesla Model 3

Sejak kehadirannya di pasar otomotif Tanah Air, truk andalan Mitsubishi kini telah menembus penjualan lebih dari satu juta unit.

Perjalanan panjang tersebut setidaknya telah membuahkan hasil menjadi market leader yang tak tergoyahkan.

Dengan pencapaian itu, KTB, selaku authorized distributor kendaraan Mitsubishi di Indonesia menyatakan bahwa rekor satu juta unit Colt Diesel menjadi semangat baru.

Semangat yang memacu untuk tidak hanya memajukan industri otomotif tetapi juga pembangunan Indonesia, dengan misi menjadi kendaraan transportasi penggerak ekonomi.

Pencapaian rekor baru ini merupakan rekor yang pertama dan satu-satunya, atas penjualan truk terbanyak yang pernah diraih dalam segmen kendaraan niaga ringan.

Tentu saja ini sekaligus bentuk kepercayaan Masyarakat Indonesia terhadap Mitsubishi Fuso sebagai truk nomor satu di Indonesia.

Mitsubishi Colt Diesel merupakan salah satu kendaraan niaga di kelas light duty truck. Sejak tahun 1970, Mitsubishi Fuso hadir untuk pertama kalinya dengan produk T100 dan T120.

Produk Mitsubishi Colt Diesel sendiri diawali oleh T200 yang muncul pada tahun 1975.

Pada generasi terbarunya saat ini, Mitsubishi Colt Diesel tersedia dalam beberapa versi. Untuk varian termurahnya ada dua jenis yaitu versi FE 71 empat roda dan varian FE 73 enam roda.

Mitsubishi Colt Diesel FE hadir dengan dimensi panjang 5960 mm lebar 1870 mm serta tinggi 2130 mm dan kapasitas tangki 100 liter.

Pada bagian interior, sudah tersedia AC serta Sistem Audio. Selain itu truk ini juga sudah dilengkapi dengan Tilt Steering dan Power Steering yang akan membuat handling menjadi semakin mudah.

Mitsubishi Colt Diesel hadir dengan membawa mesin berkapasitas 3908 cc, bertenaga 110 PS pada 2900 rpm dengan torsi 28 kgm pada mesin 1600 rpm.

Kecepatan maksimalnya sampai 100 km/jam ini memiliki berat 2,1 ton dengan daya angkut mencapai 6 ton.

Setelah pencapaian sepanjang 50 tahun ini, menarik untuk mengetahui bagaimana pengembangan evolusi si Kepala Kuning ini kedepannya.

Apalagi saat ini sudah tersedia versi listriknya di Jepang, yang semoga aja juga bakal hadir di Indonesia.

VIDEO Komparasi Dua Generasi Terbaik Honda CRV:

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
muhammad kurniawan 06 December 2020 | 05:15:27

pencapaian yang luar biasa

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article