icon-category Auto

Shell Sediakan Tiga SPKLU di Jalur Jakarta-Bogor

  • 07 Sep 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi (Foto: Marc Rentscler / Unsplash)

    Uzone.id - Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) sudah hadir di banyak tempat di Indonesia. Pemilik mobil ataupun motor listrik pun gak perlu khawatir lagi kehabisan daya baterai saat melakukan perjalanan jauh.

    Direktur Teknik dan Lingkungan Ketenagalistrikan M.P. Dwinugroho menyampaikan pada Juli 2022, bahwa ada total 332 unit SPKLU di 279 lokasi publik serta 369 Unit SPBKLU (Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum) tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

    Shell pun tak ingin 'ketinggalan momen' dengan banyaknya entitas yang bergerak di sektor energi maupun otomotif yang sudah menuju ke arah net zero emission atau nol emisi karbon.

    BACA JUGA: Shell Eco-marathon Digelar di Mandalika, Libatkan Mahasiswa 13 Negara

    Country Business Manager (CBM) Shell Bitumen, Susi Hutapea mengatakan, saat ini Shell sudah menyediakan SPKLU di yang berada di tiga Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), yakni SPBU Shell Jagorawi KM 21 (Bogor), SPBU Shell Pluit 1 (Jakarta Utara) dan SPBU Antasari (Jakarta Selatan).

    "Kita percaya untuk mencapai net zero emission ini kan tidak mungkin Shell doang ya, paling penting itu juga masyarakat," tutur Susi di acara jumpa pers Shell Eco-marathon Indonesia 2022 di Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (6/9).

    Susi mengatakan kalau Shell sudah punya strategi powering progress di mana perusahaan mengarah ke net zero emission di tahun 2050, sedangkan untuk Indonesia di tahun 2060. 

    BACA JUGA: Penyebab BBM Shell Turun Harga Tapi Lebih Mahal dari Pertamina

    "Kita percaya untuk mencapat net zero emission ini kan tidak mungkin Shell doang ya, paling penting itu juga masyarakat," ungkap Susi.

    Inisiatif lainnya berkaitan dengan nol emisi karbon adalah penggunaan solar panel untuk pabrik pelumas di Marunda. Shell juga sudah 7 tahun menjalankan proyek 'desa bersemi' dengan membuat masyarakat sekitar menghasilkan zero waste atau bebas sampah.

    Program ini memilah semua barang, kemudian mendaur ulangnya menjadi barang yang mempunyai nilai ekonomi seperti tas dan barang-barang yang memiliki saleable.

    "Itu adalah inisiatif yang kita mulai. Itu zero waste tadi di tempat Shell beroperasi," kata dia.

    Pengertian zero waste sendiri adalah sebuah filosofi yang dijadikan gaya hidup untuk bisa mendorong manusia bijak dalam mengkonsumsi dan memaksimalkan siklus hidup sumber daya sehingga produk-produk bisa digunakan kembali.

     

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini