home ×
Digilife

Siap-siap! Ada Instagram Khusus Anak-anak

19 March 2021 By
Siap-siap! Ada Instagram Khusus Anak-anak
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi Instagram (Foto: Unsplash)

Uzone.id - Sejatinya, tidak semua orang boleh menggunakan Instagram. Dalam kebijakannya, hanya pengguna berusia 13 tahun ke atas yang boleh menggunakan platform media sosial ini.

Namun tenang, bagi kalian yang masih berusia di bawah 13 tahun, Instagram telah menyiapkan layanan media sosial ini khusus anak-anak.

Sebuah laporan dari BuzzFeed yang dikutip Uzone.id, Jumat (19/3), mengatakan bahwa perusahaan induk Facebook sedang mengerjakan versi baru Instagram untuk anak-anak dan remaja.

Vishal Shah, wakil presiden produk Instagram, dilaporkan mengumumkan inisiatif tersebut dalam posting Facebook untuk karyawan pada hari Kamis. Dia juga mengatakan bahwa Instagram juga akan berupaya untuk meningkatkan privasi dan keamanan bagi pengguna remaja.

Baca juga: Netizen Indonesia Serbu Akun Organsasi Bulutangkis Dunia

"Saya senang mengumumkan bahwa ke depannya, kami telah mengidentifikasi kaum muda sebagai prioritas untuk Instagram dan telah menambahkannya ke daftar prioritas H1 kami," kata Shah.

“Kami akan membangun pilar baru dalam Grup Produk Komunitas untuk fokus pada dua hal: (a) mempercepat kerja integritas dan privasi kami untuk memastikan pengalaman yang paling aman bagi remaja dan (b) membangun versi Instagram yang memungkinkan orang-orang di bawah usia 13 tahun untuk menggunakan Instagram dengan aman untuk pertama kalinya,” sebutnya.

Pengumuman internal itu sendiri sudah dikonfirmasi oleh pihak Facebook, dan mereka menambahkan bahwa versi Instagram untuk anak-anak akan menjadi pengalaman yang dapat dikendalikan orang tua.

“Semakin banyak anak yang bertanya kepada orang tua mereka apakah mereka dapat bergabung dengan aplikasi yang membantu mereka tetap terhubung dengan teman-teman mereka," kata juru bicara perusahaan Facebook.

BACA JUGA: BTS Dikalahkan Lady Gaga-Ariana di Grammy, Netizen Klaim "Curang"

"Saat ini tidak banyak pilihan untuk orang tua, jadi kami sedang mengembangkan produk tambahan - seperti yang kami lakukan dengan Messenger Kids - yang cocok untuk anak-anak, dikelola oleh orang tua. Kami sedang menjajaki menghadirkan pengalaman yang dikontrol orang tua ke Instagram untuk membantu anak-anak tetap terhubung dengan teman-teman mereka, menemukan hobi dan minat baru, dan banyak lagi,” tambahnya.

Instagram secara historis mengalami kesulitan mencegah remaja mengalami intimidasi atau perilaku predator oleh orang dewasa di platform, meskipun telah menambahkan fitur selama bertahun-tahun untuk mengatasi masalah ini.

Kelompok advokasi orang tua telah meminta Facebook untuk menghentikan produk Messenger Kids-nya karena media sosial telah terbukti berdampak negatif pada perkembangan anak.

Karena ada undang - undang ketat yang mengatur cara pengiklan dan jejaring sosial dapat menangani data anak-anak, Messenger Kids, serta YouTube Kids, tidak mengumpulkan atau menargetkan data iklan yang sama dengan yang dilakukan oleh platform dewasa.

Tetapi kritik besar dari platform ini adalah bahwa mereka berfungsi sebagai saluran pipa untuk mengubah anak-anak menjadi pelanggan masa depan.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article