icon-category Travel

Siap-Siap, Sumatera Utara Bakal Gelar Sail Nias 2019

  • 18 Mar 2019 WIB
  • Bagikan :

    Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

    Uzone.id - Kepulauan Nias, Sumatera Utara, memang memiliki potensi wisata bahari yang baik. Ombaknya dikenal dunia sebagai spot selancar terbaik di samping atraksi lompat batunya juga menjadi ciri khas tersendiri.

    Untuk kamu yang ingin menantang ombak di Kepulauan Nias, siap-siap untuk menyambut Sail Nias 2019 pada Juli 2019.

    Sail Nias 2019 akan berlangsung di lima kabupaten kota Kepulauan Nias dengan 18 rangkaian kegiatan, selama tiga bulan.

    Baca juga: Pasca Gempa Lombok Timur, Pemerintah Minta Wisatawan Tenang

    "Puncak acara akan dihelat di Teluk Dalam Nias Selatan pada 14 September 2019. Beberapa kegiatannya yaitu Wonderful Nias Expo 2019, kejuaraan surfing internasional WS: QS 1500, pagelaran budaya hingga bhakti sosial oleh TNI AL," ujar Menkumham Yasonna H Laoly, yang juga sebagai Ketua Panitia Nasional Sail Nias 2019, dalam siaran pers dari Kementerian Pariwisata (Kemenpar).

    Sementara itu, Menpar Arief Yahya mengatakan, Nias memiliki potensi wisata kelas dunia, yakni sebagai lokasi surfing terbaik dunia. Nias juga memiliki daya tarik wisata sejarah (arkeologi) megalitikum yang hingga kini terawat dengan baik.

    Arief Yahya mengungkapkan bahwa kunjungan wisatawan, khususnya wisatawan mancanegara (wisman) dalam empat tahun terakhir ini rata-rata 240.000 orang pertahun. Sementara itu, pada 2018 mencapai 301.305 wisman.

    Baca juga: Deretan Destinasi Wisata yang Kena Dampak Gempa Lombok

    Nias juga memiliki bandara yang ada penerbangan langsung dari Jakarta, Medan, dan Padang setiap hari.

    Untuk penerbangan Jakarta-Gunung Sitoli sebanyak 3 kali perminggu ditempuh dalam 2 jam 20 menit, sedangkan Medan–Gunung Sitoli 6-7 kali perhari dengan waktu tempuh hanya 50 menit dengan pesawat jenis ATR.

    Selain itu, dari Padang-Gunung Sitoli 1 kali sehari dalam 1 jam, dan Padang-Tello-Gunung Sitoli-Sibolga 3 kali seminggu.

    Baca juga: Kapan Waktu Terbaik Melihat Gunung Fuji di Jepang?

    Begitu juga untuk transportasi laut dilayani dengan rute pelayaran Gunung Sitoli-Sibolga setiap hari ditempuh dalam 8 jam dan Teluk Dalam – Sibolga, Teluk Dalam-Tello-Padang, dan Gunung Sitoli-Padang.

    Jadi, buat kamu yang ingin menghadari perhelatan Sail Nias 2019 di Kepulauan Nias, Sumatera Utara, rencanakan perjalanan kamu dari sekarang.

    Cek berita dan artikel yang lain di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini