icon-category Digilife

Siapa yang Rajai Spotify Wrapped 2022 di Indonesia?

  • 01 Dec 2022 WIB
Bagikan :
Foto: #SpotifyWrapped Sunset Soiree (Dok. Vina/Uzone.id)

Uzone.id - Spotify Wrapped 2022 sudah resmi meluncur untuk semua pengguna, termasuk di Indonesia hari ini, Kamis, (01/12). Spotify mencatat lebih dari 456 juta pendengar di seluruh dunia

Pengguna dapat mendapatkan Spotify Wrapped 2022 secara eksklusif di versi terbaru aplikasi seluler Spotify (8.7.87 di iOS dan 8.7.86 di Android).

Selain menghadirkan kilas balik untuk setiap pengguna, Spotify juga turut merilis musisi Indonesia yang banyak diminati di platform audio tersebut. 

Berbeda dengan Spotify Wrapped 2021, edisi kali ini menghadirkan 2 fitur baru, salah satunya adalah Your Listening Personality dan Audio Day.

Kali ini, Spotify merilis daftar artis, album, lagu, playlist, dan podcast teratas yang banyak diputar oleh warganet Indonesia.

Nah, secara global, Spotify dikuasai oleh Bad Bunny, Taylor Swift, dan Drake dimana ketiganya merajai seluruh album, lagu, dan menjadi artis yang paling banyak didengarkan. 

Baca juga: Spotify Wrapped 2022 Akhirnya Tiba, Begini Cara Membuatnya

Rapper asal Puerto Rico, Bad Bunny, menempati posisi nomor satu untuk artis yang paling banyak didengarkan secara global  selama tiga tahun berturut-turut, dengan lebih dari 18,5 miliar streaming tahun ini. 

Di Indonesia sendiri, penyanyi lagu ‘Hati-Hati di Jalan’ Tulus berhasil menjadi penyanyi teratas yang menguasai platform Spotify di Indonesia. Selanjutnya, ada boyband asal Korea Selatan BTS di posisi kedua dan Justin Bieber di posisi ketiga.

Selanjutnya, posisi keempat ada Taylor Swift disusul Mahalini, Rizky Febian, NIKI, Tiara Andini, Pamungkas dan ada Olivia Rodrigo di posisi kesepuluh.

Selain menjadi penyanyi teratas di Spotify, Tulus juga menguasai daftar artis, album, dan lagu yang paling banyak diputar di Indonesia secara sekaligus.

Ia juga bertengger di posisi puncak sebagai artis yang paling banyak didengarkan di Spotify di Indonesia.

“Ini merupakan pertama kalinya dalam tujuh tahun terakhir, seorang penyanyi Indonesia berhasil mengungguli artis-artis internasional sebagai Artis yang paling banyak didengarkan di Indonesia di Spotify,” tulis Spotify dalam pernyataan resminya.

Untuk lagu yang paling banyak didengar selama satu tahun ke belakang, ada Tulus dengan lagu ‘Hati-Hati di Jalan’, Feby Putri dengan lagunya ‘Runtuh’,  Keisya Levronka dengan lagu ‘Tak Ingin Usai’, Mahalini dengan “Sisa Rasa”, Troye Sivan dengan lagu ‘Angel Baby’, Justin Bieber dengan lagu ‘Ghost’, Tiara Andini dengan lagu ‘Merasa Indah’ dan lainnya.

Baca juga: Deretan Aplikasi dan Game Terbaik 2022 Versi Google Play

Lagu Tulus “Hati-Hati di Jalan” menduduki posisi teratas Spotify Indonesia, begitupun juga dengan albumnya ‘Manusia’  yang berada di posisi teratas. Sementara itu lagu ini juga berhasil menjadi lagu urutan #1 di tangga lagu mingguan Top 50 Indonesia paling lama. 

Tahun ini juga menjadi tahunnya para musiis wanita di Spotify dimana jumlah lagu dari penyanyi perempuan yang masuk dalam daftar 10 lagu teratas Indonesia tahun ini meningkat empat kali lipat dari tahun sebelumnya. Semua penyanyi perempuan ini merupakan musisi lokal. 

"Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia terus mendengarkan dan mendukung bakat-bakat lokal, dengan lebih dari 50% artis dan lagu-lagu di daftar teratas Indonesia berasal dari musisi tanah air," kata Kossy Ng, Head of Music, Spotify Asia.

 "Hal ini juga menjadi motivasi bagi kami untuk bekerja lebih jauh dalam mendukung musisi Indonesia dan membuka jalan bagi lebih banyak talenta lokal untuk berkembang di platform kami,” tambahnya.

Tak hanya menghadirkan Spotify Wrapped di aplikasi, Spotify juga akan menggelar Spotify Wrapped melalui virtual runway di Djakarta Warehouse Project tanggal 9-11 Desember 2022.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini