Digilife

Siemens S10, Ponsel Pertama Penggagas Layar Warna-Warni

  • 26 November 2021
  • Bagikan :
    Siemens S10, Ponsel Pertama Penggagas Layar Warna-Warni Ilustrasi foto: Mobile Industry Review

    Uzone.id - Ponsel pertama kali hadir dengan layar monokrom alias tidak memiliki banyak warna. Selain fitur yang hadir juga masih terbatas, berbeda dengan fitur ponsel sekarang yang serba ada dan semakin canggih.

    Apalagi sekarang perusahaan ponsel saling bersaing menawarkan layar beresolusi tinggi dengan menampilkan warna yang akurat, mirip dengan objek aslinya.

    Nah, mungkin kalian pernah bertanya, ponsel apa yang pertama kali hadir dengan layar berwarna?

    Ponsel tersebut adalah Siemens S10, ponsel ini menjadi ponsel pertama di dunia yang menampilkan empat warna selain warna hitam di layarnya. 

    Baca juga: Nostalgia Ponsel Jadul Lewat Museum Online, Begini Caranya

    Warna tersebut adalah merah, hijau, biru dan juga putih sebagai warna latarnya.

    Mengutip Mobile Phone Museum, Siemens S10 diumumkan pertama kali pada tanggal 14 Maret 1997. Namun, menurut beberapa sumber lain, ponsel ini mulai dipublikasikan pada tahun 1998.

    Kehadiran Siemens S10 ini menjadi titik awal berakhirnya era ponsel dengan layar dua warna.

    Selain menjadi ponsel dengan layar berwarna-warni pertama, Siemens S10 juga menjadi ponsel outdoor pertama. 

    Siemens-S10

    Dok. Mobile Phone Museum

    Siemens S10 memiliki bobot 185 gram. Layarnya bisa menampilkan hingga enam baris teks dan bisa membuat font lebih besar untuk meningkatkan kemudahan dalam membaca. 

    Layar warna 97x54 piksel yang hadir di ponsel Siemens S10 nyatanya tidak lebih dari sekedar ‘gimmick’ belaka, karena cukup sulit untuk membaca tampilan pada sudut tertentu dan dalam kondisi cahaya yang cukup terang.

    Namun, resolusi layar tersebut berhasil membuat Siemens mendapat pujian dan mengklaim bahwa mereka menjadi yang pertama di dunia soal layar berwarna.

    Selanjutnya, pada tahun 2000an, Nokia hadir dengan gebrakan lain. Perusahaan teknologi yang sempat jaya pada masanya ini merilis Nokia 9210 Communicator dengan layar warna-warni yang lebih baik dari sebelumnya dengan kualitas layar LCD 640x200 piksel.

    Tags : Siemens Siemens S10 

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini