icon-category Auto

Sigra, HR-V, Sampai Xpander Dianggap Mobil Minim Masalah Saat Beli Baru

  • 04 Nov 2019 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Kualitas sebuah mobil, jadi espektasi tersendiri bagi para pembelinya. Ya, sebisa mungkin, namanya beli mobil baru, mereka gak mau ada masalah apapun.

Nah, JD Power melakukan sebuah studi yang menangkap apa-apa aja masalah yang biasanya dikeluhkan pembeli mobil baru dan dari semua keluhan itu, muncullah beberapa mobil berdasarkan segmen dan kelasnya.

Mobil-mobil tersebut dipilih sebagai yang terbaik secara kualitas dan minim keluhan ketika pertama kali dibeli dan dicoba.

Studi 2019 J.D Power Indonesia Initial Quality StudySM didasarkan pada tanggapan dari 2.230 pemilik kendaraan baru yang membeli kendaraan mereka antara September 2018 dan Juli 2019.

Baca juga: Daihatsu Recall Puluhan Ribu Angkot Karena Mesin Bisa Mati Mendadak

Studi ini mencakup 43 mobil penumpang dan kendaraan utilitas yang mewakili delapan merek. Studi ini dilakukan antara Maret dan September 2019.

Studi ini berfungsi sebagai tolok ukur industri untuk kualitas kendaraan baru dengan memeriksa masalah yang dialami oleh pemilik kendaraan baru dalam dua hingga enam bulan pertama kepemilikan.

Ada dua kategori berbeda: masalah yang berhubungan dengan desain dan cacat serta malfungsi.

Ada delapan kategori masalah: eksterior; pengalaman berkendara; fitur / kontrol / tampilan; audio / komunikasi / hiburan / navigasi; tempat duduk; pemanas / ventilasi / pendingin udara; interior; dan mesin / transmisi.

Skor kualitas awal kendaraan keseluruhan ditentukan oleh masalah yang dilaporkan per 100 kendaraan (PP100). Jumlah masalah yang lebih rendah menunjukkan kualitas yang lebih tinggi.

Dan hasilnya adalah Daihatsu Sigra (46 PP100) menduduki peringkat tertinggi di segmen entry compact. Honda HR-V (40 PP100) menempati peringkat tertinggi di segmen entry SUV.

Kemudian, Mitsubishi Pajero Sport (43 PP100) peringkat tertinggi di segmen SUV dan Mitsubishi Xpander (51 PP100) menempati peringkat tertinggi di segmen entry MPV.

"Pelanggan yang lebih muda melakukan perjalanan lebih banyak, sehingga menghasilkan penggunaan kendaraan dalam waktu lama dan peningkatan sensitivitas terhadap masalah yang terkait dengan kebisingan, getaran, degradasi material, dan konektivitas" ujar Srabani Bandyopadhyay, Country Manager Indonesia untuk J.D. Power.

Tonton Video Test Drive BMW M330i:

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini