icon-category News

Silokek Ditetapkan Menjadi Kawasan Nasional Geopark

  • 10 Feb 2018 WIB
  • Bagikan :

    Pemerintah Kabupaten Sijunjung,  Sumatera Barat meresmikan lokasi wisata Silokek sebagai Kawasan Nasional Geopark. Bupati Sijunjung Yuswir Arifin mengatakan alam Sijunjung yang eksotik,  warisan geologi,  dan budaya serta keragaman fauna dan floranya adalah aset bagi pengembangan  pariwisata.

    " Kita  telah dan sedang merancang  berbagai program  di antarannya melalui pengelolaan pariwisata bagi pembangunan ekonomi rakyat, " kata Yuswir Arifin saat pencanangan Silokek sebagai Kawasan Nasional Geopark di Sijunjung, Kamis (8/2).

    Pencangangan itu bersamaan dengan peresmikan jalan  baru yang menghubungkan wilayah Muaro dengan Silokek,  di Kabupaten Sijunjung.  Deputi III  BPNB Harmensyah  berharap  jalan baru  ini mampu membuka  peluang bagi pengembangan  ekonomi rakyat melalui berbagai program yang dicanangkan oleh pemerintah.

    photo
    Peresmian Silokek sebagai kawasan nasional geopark



    Jalan ini diharapkan dapat  memberikan kemudahan  akses transportasi bagi masyarakat setempat, yang tadinya sempat terputus karena adanya bencana longsor. Jalan baru  ini mampu membuka  peluang bagi pengembangan  ekonomi rakyat melalui berbagai program yang dicanangkan oleh pemerintah.

    Pemerintak Kabupaten Sijunjung menggandeng Universitas Andalas untuk pengembangan Silokek Nasional Geopark.  Konsep geopark  mengacu pada pengembangan kawasan yang memiliki unsur-unsur geologi yang luar biasa dimana masyarakat berperan serta secara aktif melindungi warisan alam termasuk nilai-nilai arkeologi, ekologi, dan budaya.

    Kepada Dinas Pariwisata Sujunjung Yofritas mengatakan dengan pengembangan Silokek sebagai destinasi wisata unggulan di Kabupaten Sijunjung diharapkan nantinya juga bisa berkontribusi untuk pengembangan wisata di Sumbar.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini