icon-category Lifestyle

Simbol Makna dari Cincin Pertunangan

  • 21 Nov 2016 WIB
Bagikan :

 

CINCIN pertunangan memiliki simbol-simbol khusus sejak digunakan pertama kali di jaman Romawi kuno. Jaman dulu cincin sudah dipakai sebagai tradisi untuk mengikat janji setia pasangan. Tradisi itu kemudian mengalami perubahan dan penyesuaian dari waktu ke waktu hingga sekarang.

Cincin dengan bentuknya yang bulat menjadi simbol bahwa cinta tidak akan pernah berakhir hingga maut memisahkan. Cincin diberikan kepada pasangan pengantin sebagai tanda pengikat bahwa pasangan tersebut sudah ada yang memiliki. Selama bertahun-tahun lamanya, cincin pertunangan juga menjadi lambang dari kesejahteraan pasangan dan kemampuan istri dalam menjaga suaminya nanti.

Ada begitu banyak lambang dari cincin pertunangan yang sebaiknya diketahui oleh pasangan sebelum menikah, diantaranya…

DEKAT DI HATI
Bangsa Roma adalah orang pertama yang mengajarkan tradisi cincin untuk mengikat janji suci. Mereka memakaikan cincin tersebut pada jari manisnya di tangah kiri. Alasannya adalah karena di jari tersebut terdapat pembuluh vena amoris yang terhubung langsung ke hati.

Sekarang ini, banyak pengantin menggunakan cincin pertunangan pada hari pernikahan mereka. Bila saat bertunangan mereka mengenakannya di jari sebelah kiri maka ketika prosesi pernikahan cincin tersebut ditukar ke jari sebelah kanan.

BERLIAN TANDA CINTA ABADI
Cincin berlian pertama kali digunakan untuk melamar pasangan pada saat Pangeran dari Kerajaan Maximilian Austria melamar kekasihnya Putri dari Kerajaan Burgundy, Mary. Sejak saat itulah berlian kemudian menjadi populer untuk melamar pasangan meskipun harga berlian cenderung mahal dan tidak terlalu jamak dipakai untuk acara tunangan.

Hingga akhirnya ditemukan pertambangan berlian di Africa di tahun 1870 yang membuat berlian kemudian secara masif dipakai di banyak acara resmi seperti pertunangan dan pernikahan. Memakai berlian sebagai cincin pertunangan bisa mewakili keinginan pasangan yang ingin tampil dengan gaya aristokrat.

Seiring perkembangan berlian pun memiliki beberapa warna selain putih sepertih merah, kuning, biru dan hitam. Di tahun 1930 The DeBeers mulai mengkampanyekan ”diamond is forever” yang bermakna berlian tanda cinda abadi. Sejak saat itulah slogan tersebut terkenal hingga sekarang ini. Berlian kemudian dilambangkan sebagai tanda kemurnian cinta seseorang untuk pasangannya.

Source: Simbol Makna dari Cincin Pertunangan

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini