icon-category Travel

Sistem Check-In dan Imigrasi Terminal 2 Soekarno-Hatta Alami Gangguan

  • 09 Apr 2019 WIB
Bagikan :

Sistem check-in dan imigrasi di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang mengalami gangguan pada hari ini, Selasa (9/4) sekitar pukul 15.00 WIB. Gangguan ini menyebabkan penumpang harus mengantre hingga sekitar 1,5 jam agar dapat menyelesaikan pengurusan check-in dan imigrasi

Salah satu penumpang bernama Ade Wahyudi menyatakan dirinya tiba di bandara sejak pukul 15.00 WIB dan melihat antrean counter Qatar Airways yang mengular panjang. Warga Bumi Serpong Damai, Tangerang tersebut melihat petugas sudah siap di konter, namun tak kunjung membuka pelayanan.

"Setelah lebih setengah jam penumpang sudah kelihatan gelisah, petugas juga kelihatan kebingungan," kata Ade kepada Katadata.co.id, Selasa (9/4).

(Baca: Bandara Soekarno-Hatta Catatkan Ketepatan Waktu 93,8%)

Ade mengatakan, dia melihat satu orang yang mengumpulkan petugas dan kemudian memutuskan proses check-in dilakukan secara manual. Proses check-in secara manual ini memakan waktu yang cukup lama yakni memakan waktu sekitar 15 menit untuk satu penumpang.

Tampak di setiap konter, seorang petugas memotret paspor dengan menggunakan telepon pintar (smartphone). Sementara boarding pass diproses secara manual dengan menggunakan tulisan tangan. Sementara itu, ada petugas lain yang selalu berkomunikasi melalui pesan singkat Whatsapp dengan bagian lain untuk memastikan nomor kursi setiap penumpang.

"Setelah selesai check in, saya ke bagian imigrasi. Di sana juga harus menunggu sekitar 15 menit, karena sistem di imigrasi mati," katanya.

(Baca: Menhub Diminta Batalkan Bagasi Berbayar Citilink dan Lion Air)

Senior Manager of Branch Communication and Legal Soekarno-Hatta International Airport, Febri Toga Simatupang menepis adanya gangguan pada sistem check-in. Dia mengakui sistem imigrasi sempat mengalami gangguan, namun hanya selama 5 menit saja.

"Kondisi saat ini sudah normal seperti biasa. Sesuai hasil koordinasi dengan teman-teman imigrasi,"katanya menambahkan.

Dari hasil koordinasi dengan anggotanya tersebut, diketahui masalah gangguan yang terjadi di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta terkait masalah teknis. Namun, dia melemparkan kepada pihak imigrasi untuk menjawab lebih lanjut terkait gangguan tersebut karena merupakan kewenangan pihak imigrasi.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini